Yamaha E01 Siap Diproduksi Lokal, Akan Lakukan Tes Pasar Terlebih Dahulu

Article Header Image

Yamaha E01 Siap Diproduksi Lokal, Akan Lakukan Tes Pasar Terlebih Dahulu

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Setelah sempat mencuri perhatian di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 lalu, motor listrik terbaru Yamaha yaitu E01 menunjukkan progres positif untuk segera dapat masuk ke pasar Indonesia.

Sebelumnya, Yamaha memang dikabarkan akan melakukan tes uji coba untuk beberapa negara di seluruh dunia. Dan beruntungnya Indonesia menjadi salah satu negara yang dituju.

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, bahwa pengujian yang akan dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturaing (YIMM) pada semester kedua tahun ini berfokus pada tes pasar Yamaha E01.

Tujuannya, tidak lain adalah untuk melihat kemampuan beradaptasi dari Yamaha E01 dan juga mendapat informasi dan data yang dibutuhkan terkait pengembangan kendaraan berbasis listrik yang dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Nantinya, akan ada 20 unit Yamaha E01 yang akan didatangkan ke Indonesia dan disebarkan kepada jurnalis dan konsumen terpilih yang ada di seluruh Indonesia secara gratis.

Dari pemakaian yang dilakukan tersebut nantinya, PT YIMM akan mengumpulkan berbagai informasi soal karakter pengendara. Serta bagaimana kondisi motor listrik dan baterai yang ada pada Yamaha E01 menghadapi medan jalanan Indonesia.

Untuk mendapatkan data yang komprehensif, Yamaha akan melakukan tes pasar ini selama satu tahun. Skema tes tersebut juga bukan hanya berlaku untuk Indonesia saja, namun juga ke semua negara seperti Thailand, Malaysia, Taiwan, bahkan negara-negara Eropa.

Di sisi lain, PT YIMM sendiri tengah melakukan proses homologasi terhadap Yamaha E01 ini. Disebutkan bahwa proses tersebut akan selesai setelah lebaran atau pada bulan ini.

Namun Executive Vice President & COO PT YIMM, Dyonisius Beti mengutarakan bahwa mereka belumdapat memastikan apakah skuter listrik tersebut akan diproduksi di dalam negeri atau tidak. Meski sebenarnya pabrik milik PT YIMM mampu untuk membangun Yamaha E01.

“Kita belum tentukan akan produksi di mana, kalau lihat sumber daya di Indonesia, sumber daya baterai semua ke Indonesia. Hanya tinggal kerja sama apakah bisa Yamaha global diisi orang lokal kita,” ujar Dyonisius dikutip dari Kompas.com.

Rencana lokalisasi Yamaha E01 ini nantinya tentu dapat menekan harga dari motor listrik ini nantinya. Mengingat harga jual motor listrik di Jepang maupun negera-negara Eropa terbilang mahal.