‘NMAX Elektrik’ Yamaha Ternyata Sudah Mulai Diuji Coba

Article Header Image

‘NMAX Elektrik’ Yamaha Ternyata Sudah Mulai Diuji Coba

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Proses pengembangan skuter listrik maxi milik Yamaha kelihatannya terus berjalan mulus. Karena dari beberapa foto terakhir terlihat bahwa pabrikan garpu tala tersebut tengah menguji coba skuter listrik bernama Yamaha E01 tersebut.

Yamaha E01 sebenarnya telah diperkenalkan sejak Tokyo Motor Show 2019 lalu. Saat itu Yamaha memperkenalkan dua buah motor listrik, yaitu Yamaha E01 dan E05. Yamaha E01 sendiri lebih banyak ditunggu oleh para fans karena posisinya yang setara dengan skuter maxi Yamaha di kelas 125/155 cc.

Konsep Yamaha E01

Dan dari foto-foto baru yang diunggah oleh Response.jp diketahui bahwa versi produksi dari Yamaha E01 sudah mulai melakukan test ride di negaranya, Jepang. Bahkan beberapa awak media di sana sudah dapat mulai mencobanya.

Dalam koleksi foto tersebut, terlihat bahwa versi prototipe Yamaha E01 ini dibalut dalam stiker kamuflase. Namun masih bisa dilihat bahwa skuter listrik ini membawa mayoritas desain dari konsepnya pada saat diperkenalkan.

Beberapa penyesuaian memang dilakukan terutama terkait urusan regulasi kemanan. Seperti pada spion yang lebih besar, serta kehadiran dua buah lampu proyektor LED yang ada di bawah batok depannya.

Selain masalah keamanan, Yamaha E01 yang diuji coba tersebut juga memiliki berbagai kelengkapan yang sangat mendekati versi produksinya. Seperti penggunaan roda, pelek, dan hingga shockbreaker yang juga digunakan pada skuter maxi Yamaha lainnya.

Kemudian bentuk jok, stang kemudi, layar informasi pengendara, serta tombol-tombol juga telah menggunakan produk siap produksi. Yang memang sedikit menurunkan nuansa konsep skuter listriknya, namun di sisi lain juga terlihat sudah siap dan mudah untuk digunakan.

Untuk spesifikasinya sendiri Yamaha memang masih merahasiakannya, namun mereka membeberkan bahwa Yamaha E01 setidaknya memiliki daya jelajah sejauh 70 km. Akan ada tiga mode berkendara pada skuter listrik ini yaitu Eco, Normal, dan Power.

Pada mode power skuter listrik ini bahkan diklaim memiliki feel seperti mengendari sebuah motor sport. Dikarenakan skuter listrik ini memiliki bodi yang jauh lebih berat dan besar, pengendaraannya juga disebut lebih stabil.

Yamaha sendiri menyebut bahwa mereka akan segera memproduksi dan juga memasarkan skuter listriknya tersebut mulai tahun ini. Yang berarti Yamaha E01 ini akan diumumkan beberapa bulan lagi, meskipun belum diketahui apakah skuter listrik ini juga akan dibawa ke Indonesia atau tidak.