Yamaha Akan Luncurkan Skuter Listrik E01 ke Indonesia Juli Mendatang

Article Header Image

Yamaha Akan Luncurkan Skuter Listrik E01 ke Indonesia Juli Mendatang

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Setelah baru saja merilis skuter listrik NEO’s untuk wilayah Eropa pada minggu kemarin. Yamaha kelihatannya tidak mau kehilangan momentum dan akhirnya ikut merilis skuter listrik mereka lainnya, E01.

Yamaha E01 memang menjadi salah satu skuter listrik yang menarik banyak perhatian di kalangan pecinta roda dua. Berkat desainnya yang futuristis dan juga mengikuti bahasa desain dari skuter maxi khas dari Yamaha.

Sebelumnya, Yamaha Motor Eropa telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Yamaha E01 untuk kota-kota besar di Eropa pada tahun ini untuk tes uji coba lewat sistem sewa motor.

Berita baiknya bagi para fans Yamaha di Indonesia, dari pernyataan resmi terbaru di website-nya Yamaha mengumumkan uji coba skuter listrik Yamaha E01 di berbagai negara lain.

Yamaha memang menyatakan bahwa mereka memang masih belum akan memproduksi masal skuter listriknya ini untuk waktu dekat. Namun Yamaha akan melakukan uji coba E01 di negara-negara termasuk Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia mulai Juli 2022 mendatang.

Sehubungan dengan pengumuman tersebut, Yamaha juga kini meluncurkan lebih banyak foto-foto detail dari skuter listrik Yamaha E01. Desainnya sendiri tidak banyak berubah dari apa yang  sudah ditunjukkan di gambar paten dan gambar uji cobanya ketika masih ditutupi stiker kamuflase.

Dengan ukuran bongsor layaknya Nmax, E01 memiliki desain yang minimalis dan cenderung elegan. Namun motor ini tetap dibuat sebagai kendaraan dalam kota yang praktis digunakan untuk bermanuver.

Wheelbase motor ini memiliki panjang 1.380 mm dengan tinggi tempat duduk 754 mm yang tidak jauh berbeda dari Nmax. Karena memiliki baterai tanam di dalamnya, bobot motor ini sedikit di atas Nmax yaitu 158 kg.

Yamaha memang belum mengumumkan detail spesifikasi untuk E01, namun skuter listrik ini disebut-sebut akan setara dengan skuter 125cc (Standar Eropa) dengan tenaga 11 kW atau sekitar 15 daya kuda.

Nantinya, biaya sewa yang dibanderol oleh Yamaha untuk skuter listrik E01 ini di Jepang adalah sekitar 20.000 yen, termasuk pajak atau bila dikurskan adalah Rp 2,4 juta-an untuk satu bulan.

Minimal durasi sewa yang diterapkan Yamaha di Jepang adalah 3 bulan, dan penyewa nantinya harus berumur 20 tahun atau lebih, memiliki lisensi motor kecil di Jepang, memiliki kartu kredit dengan nama sendiri, dan dapat berlokasi di manapun di Jepang.

Kemungkinan besar, peraturan tersebut akan mengalami berbagai perubahan dan penyesuaian saat diterapkan di Indonesia nantinya. Bagaimana menurut anda? Apakah tertarik untuk menyewa motor ini nantinya saat diboyong ke Indonesia?

Sumber: rideapart response.jp