Setelah Dua Tahun, Wuling MINI EV Alami Penurunan Penjualan Pertama Kali

Article Header Image

Setelah Dua Tahun, Wuling MINI EV Alami Penurunan Penjualan Pertama Kali

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Wuling Hongguang MINI EV masih tetap menjadi mobil listrik paling laris di China. Bahkan bisa dibilang, mobil mungil ini mendapatkan rapor sempurna semenjak diluncurkan pada Juni 2020 silam. Membuat brand gabungan SAIC, GM, dan Wuling ini berhasil menjual lebih dari 700.000 mobil kurang dari 2 tahun.

MINI EV ini sendiri berhasil meningkatkan popularitasnya dengan cepat saat diperkenalkan pada 2020. Dan selama 2021 Wuling juga berhasil menjaga popularitas mobil mininya ini dan bahkan membuat negara-negara lain di luar China termasuk Indonesia juga berminat terhadap MINI EV.

Bahkan pada bulan Desember tahun lalu Wuling berhasil mencetak rekor dengan menjual 50.000 unit Wuling Hongguang MINI EV dalam satu bulan. Tetapi sayangnya, penjualan mobil mini ini melambat dalam beberapa bulan terakhir.

Credit: Insideevs

Menurut InsideEVs, ada beberapa penyebab yang kemungkinan menjadi penyebab menurunnnya penjualan MINI EV terutama pada bulan April lalu. Yang pertama adalah karena adanya krisis komponen terutama yang berhubungan dengan chipset.

Kemudian, dominasi MINI EV sebagai mobil mini elektrik juga mulai terganggu dengan munculnya berbagai penantang baru dari berbagai brand lain di China. Dan yang terakhir beberapa kota besar di China kini juga kembali melaksanakan lockdown.

Sayangnya, karena tidak ada informasi resmi dari Wuling, maka kita hanya bisa menunggu dan melihat apakah penurunan ini hanyalah perlambatan sementara atau memang ada masalah pada sisi produksi atau penjualan Wuling.

Meskipun turun lumayan signifikan daripada bulan sebelumnya, namun Wuling Hongguang MINI EV masih tetap menjadi mobil listrik paling laris di China dalam empat bulan ke belakang. Masih sama seperti sebelumnya, Tesla masih beada di posisi kedua dengan Model Y. Dan juga diikuti dengan BYD Qin.

Wuling sendiri terus berusaha menjaga momentumnya di pasar mobil listrik mini ini. Mulai dari merilis varian penyegaran eksentrik dan fun yang diberi nama Gameboy Edition. Hingga mempersiapkan model baru yang sedikit lebih besar yang sayangnya belum diumumkan hingga sekarang.

Indonesia sendiri menjadi negara yang akan segera memasukkan Wuling Hongguang MINI EV. Dengan rencana awal akan mulai diproduksi tahun ini, MINI EV memang berpotensi menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin beralih ke mobil listrik dengan biaya hemat.