Mobil Listrik Mungil Baru Wuling Ternyata Diperkenalkan di Indonesia

Article Header Image

Mobil Listrik Mungil Baru Wuling Ternyata Diperkenalkan di Indonesia

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Awal tahun 2022 lalu, tepatnya sekitar bulan Februari kami sempat mengabarkan bahwa Wuling sedang menyiapkan mobil listrik mini baru. Mobil ini memiliki dimensi yang lebih besar daripada Hongguang MINI EV yang populer.

Informasi yang awalnya kami terima menyebutkan bahwa mobil tersebut akan dirilis untuk pasar China. Namun siapa yang menyangka bahwa mobil tersebut malah diperkenalkan pertama kali di Indonesia. Tepatnya kemarin, Rabu, 1 Juni 2022.

Peluncuran tersebut sendiri dilakukan oleh Wuling Motors di Laguna Atrium Central Park, Jakarta Barat. Sekaligus disiarkan langsung lewat kanal Youtube milik Wuling Motors. Acara tersebut bertajuk “Electrifiy Your World” ini bertujuan untuk memperkenalkan terlebih dahulu bagaimana bentuk mobil listrik baru Wuling.

Secara desain mobil ini serupa dengan bocoran dan paten yang didaftarkan Wuling beberapa bulan lalu. Dan dari penampakannya, mobil yang akan dipasarkan di Indonesia adalah versi long-wheelbase, terlihat lewat adanya kaca penumpang vertikal besar di belakang pintu.

Bagian depan mobil ini terlihat lebih modern ketimbang Hongguang MINI EV dengan penggunaan lampu DRL LED strip yang desainnya memanjang hingga ke kaca spion. Lampu utamanya pindah agak ke bawah layaknya desain-desain lampu depan kekinian.

Di samping, perhatian tentu tertuju pada kaca belakang yang ukurannya lebih panjang daripada kaca depan. Sedangkan di belakang Wuling menggunakan desain yang mirip dengan depan. Uniknya, LED strip di atas dengan tulisan Wuling di bawahnya sedikit mengingatkan pada desain lampu belakang milik Porsche.

Desainer Wuling menyebutkan bahwa inspirasi dari desain dari Wuling EV ini terinspirasi dari kacamata VR. Perangkat VR tersebut dianggap merupakan komponen yang penting di masa depan kita karena adanya metaverse.

Mobil ini dibangun menggunakan platform baru Wuling Global Smart Electric Vehicle (GSEV). Dan nantinya, mobil mungil ini akan diproduksi di fasilitas pabrik Wuling yang berada di Cikarang Jawa Barat. Pasar tanah air pun disebut akan menjadi prioritas terlebih dahulu sebelum nantinya diekspor.

“Berkat perpaduan dari ukuran yang compact, desain future-tech, serta kemudahan penggunaan, kendaraan listrik Wuling yang akan datang ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan mobilitas serta menunjang gaya hidup modern para penggunanya di Indonesia,” ungkap Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors.

Sayangnya, event ini hanyalah perkenalan karena Wuling belum menunjukkan banyak hal dari mobil ini mulai dari interior, detail spesifikasi penggerak, harga jual, dan bahkan nama resmi dari mobil ini. Menurut kabar, mobil ini nantinya akan bernama Wuling Air EV.

Meskipun begitu mobil ini nantinya akan ikut menjadi mobil operasional resmi dari event Internasional G20 Summit yang akan dilaksanakan di Bali pada bulan November mendatang. Rumornya Wuling EV ini akan dipasarkan pada kisaran harga Rp200 jutaan.