Patenkan Nama “Innova Hycross”, Toyota Siap Luncurkan Versi Hybrid Innova?

Article Header Image

Patenkan Nama “Innova Hycross”, Toyota Siap Luncurkan Versi Hybrid Innova?

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Innova atau Kijang Innova tentu merupakan salah satu mobil andalan Toyota. Kesuksesannya di pasar mobil konvensional kelihatannya menggoda Toyota untuk membawa Innova masuk ke dalam pasar mobil hybrid dan bahkan mobil listrik.

Hal tersebut tentu terbukti pada gelaran IIMS Hybrid 2022 lalu, saat Toyota menunjukkan versi elektrik pertama Innova yang diberi nama Toyota Kijang Innova EV Concept. Sedangkan versi hybrid Innova sudah menjadi pembicaraan sejak Februari lalu.

Kehadiran Innova berpenggerak hybrid tersebut kini malah menjadi semakin kuat karena di India Toyota diam-diam mendaftarkan nama Innova Hycross. Sesuai namanya, model ini diyakini akan menjadi versi hybrid yang selama ini bocorannya sudah banyak beredar.

Meskipun belum ada penjelasan resmi, karena memang belum diumumkan namun nama Hycross kemungkinan merupakan singkatan dari hybrid-crossover. Memperbesar kepastian bahwa Innova akan menjadi model Toyota buatan Indonesia pertama yang akan menggunakan hybrid.

Dari data paten yang didaftarkan ke India tersebut juga terdapat beberapa detail tambahan mengenai mobil ini. Seperti kode daftar mobilnya adalah 5382816 dan telah didaftarkan pada 24 Maret 2022 lalu. Menurut Rushlane, model ini juga memiliki kode lain yaitu 560B yang kabarnya akan menjadi dua varian yaitu hybrid-bensin dan bensin murni.

Kemungkinan akan diluncurkan pada awal tahun depan

Sebelumnya, Toyota sendiri sempat mengatakan bahwa mereka berencana untuk merilis generasi baru Innova, sekaligus varian hybrid baru pada awal tahun depan. Toyota sendiri sudah kedapatan mulai melakukan tes jalan terhadap mobil ini yang masih ditutupi kamuflase bodi.

Namun tetap terlihat bahwa Innova baru tersebut akan memiliki perubahan yang signifikan pada bagian eksterior. Dari foto-foto penampakan tes jalannya, terlihat bahwa Innova baru ini memiliki bodi yang lebih mengotak dan melebar daripada sebelumnya.

Selain eksterior, sisi interior juga diprediksi akan mendapat perubahan besar. Apalagi nantinya mobil ini juga akan ditawarkan dalam varian baru yaitu hybrid-bensin. Hal tersebut dikarenakan model baru ini dibangun menggunakan platform baru TNGA-C.

Dan sama seperti saudaranya yaitu Avanza dan Veloz, ada kemungkinan juga bahwa Innova baru ini akhirnya akan meninggalkan penggerak belakang. Innova nantinya akan beralih ke penggerak roda depan baik untuk versi hybrid maupun bensinnya.

Sumber: Avolta