Toyota dan Lexus Pamerkan 15 Konsep Mobil Listrik Masa Depan Mereka

Article Header Image

Toyota dan Lexus Pamerkan 15 Konsep Mobil Listrik Masa Depan Mereka

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Raksasa otomotif Jepang, Toyota sempat beberapa kali disinggung karena dianggap belum serius untuk menggarap mobil listrik. Hal tersebut sebenarnya dapat dipahami karena mereka juga memberikan fokus pada pengembangan fuel-cell dan teknologi lainnya.

Namun, dibalik itu ternyata Toyota diam-diam telah menyiapkan lini lengkap elektrik mereka. Dan kini mereka akhirnya memamerkannya kepada publik lineup elektrik masa depan mereka. Tidak tanggung-tanggung, ada 15 konsep mobil elektrik yang dipamerkan termasuk lineup untuk brand premium mereka, Lexus.

Berikut adalah model-model yang diperkenalkan oleh Toyota dan Lexus:

bZ Series

Lineup bZ atau “beyond Zero” kelihatannya akan menjadi seri utama bagi mobil elektrik Toyota. Seri ini sebelumnya telah dibuka lewat bZ4X yang sudah diumumkan jauh sebelumnya.

bZ Large SUV

Seperti namanya, mobil ini menjadi versi lebih besar dari bZ4X, dengan bodi yang lebih besar mobil ini juga memiliki tiga baris untuk menampung penumpang lebih banyak.

bZ Compact SUV

Beterbalikkan dengan bZ Large SUV, mobil ini memiliki desain coupe yang lebih kecil dan sporty. Ada kemungkinan model ini akan menjadi versi elektrik masa depan dari Toyota CH-R.

bZ SDN

Toyota ternyata masih memiliki harapan terhadap pasar sedan dengan memperkenalkan sedan medium elektrik ini. Mobil ini bisa menjadi versi elektrik dari Camry ataupun Avalon.

bZ Small Crossover

Pasar crossover kecil memang menjadi pasar yang paling panas, terutama untuk Asia dan Eropa. Sehingga tidak mengejutkan bila Toyota mempersiapkan crossover stylish ini untuk masa depan.

BEV series

Selain seri bZ, Toyota masih memiliki sejumlah mobil listrik dengan nama model yang lebih bebas dengan gaya bodi yang lebih beragam dari pada seri bZ.

Compact Cruiser EV

Salah satu mobil paling menarik dalam pengumuman Toyota ini tampak seperti versi mini dari FJ Cruiser. Dengan garis bodi tegas namun dengan ukuran yang tidak terlalu besar, mobil ini bisa menjadi idola nantinya.

Pickup EV

Truk pikap merupakan salah satu model penting bagi Toyota, terutama untuk wilayah Amerika Serikat. Sehingga Toyota kelihatannya sudah bersiap untuk mempersiapkan versi elektrik dari Tacoma ini.

Crossover EV

bZ Crossover bukanlah satu-satunya crossover elektrik yang dipersiapkan oleh Toyota. Karena diluar seri bZ Toyota juga mempersiapkan apa yang mereka sebut Crossover EV ini.

Small SUEV

Tidak berhenti sampai di situ, Toyota juga mempersiapkan crossover mungil dengan nama SUEV. Mobil ini bahkan memiliki sedikit kemiripan dengan bZ Small Crossover. Entah bagaimana nanti Toyota membedakan kedua mobil ini diluar desainnya.

SPORTS EV

Masuk ke dunia mobil listrik kelihatannya membuat Toyota percaya diri kembali untuk membuat mobil sport. Dengan proporsi mid-engine tersebut mobil ini bisa menjadi kelahiran kembali dari MR2.

BEV Commercial Series

Selain mobil pribadi, Toyota juga memperkenalkan beberapa mobil komersial elektriknya yang memiliki desain futuristis serta ukuran yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Micro Box

Toyota memperkenalkan Micro Box sebagai mobil angkutan kompak yang dapat digunakan bersama-sama. Dan dapat terlihat bahwa Toyota mencoba memaksimalkan ruang yang ada agar ruang angkutnya luas.

Mid Box

Di atas Micro Box, Toyota juga memperkenalkan sebuah blind-van futuristis dengan desain boxy yang unik. Meskipun akan ada banyak ubahan dalam desainnya untuk dapat masuk ke produksi, mobil ini kemungkinan akan dibuat nyata oleh Toyota.

e-Palette

e-Palette sebenarnya bukanlah mobil listrik yang benar-benar baru karena mobil ini sendiri sudah digunakan pada saat Olimpiade Jepang lalu. Mobil otonomus ini berfokus pada pengangkutan orang dan barang.

Lexus BEV Series

Di lineup premiumnya, Toyota juga mempersiapkan beberapa model menarik yang tidak hanya memiliki desain mewah namun juga teknologi terbaru seperti teknologi baterai solid-state.

Lexus RZ

Lexus ternyata tidak ketinggalan dalam membuat crossover yang menggunakan basis dari Toyota bZ4X dan juga Subaru Solterra ini. Lexus tentunya memberikan sentuhan mewahnya dengan desain wajah dan velg baru, serta tentunya interior.

Lexus Electrified Sport

LFA tentunya menjadi salah satu mobil legendaris yang pernah diproduksi Lexus. Dan kini mereka ingin meneruskan nama besar LFA ke konsep sport ini. Lexus bahkan mengklaim mobil ini dapat melaju dari nol ke 100 km/jam kurang dari 2 detik.

Lexus Electrified Sedan

Sama seperti Toyota yang memiliki penerus Camry/Avalon, Lexus juga kelihatannya mempersiapkan penerus dari sedan mewah mereka yaitu Lexus GS. Dan cukup unik melihat mobil ini punya atap ala coupe untuk sebuah sedan khas Lexus.

Lexus Electrified SUV

Terakhir, Lexus juga sekali lagi membawa mobil yang berbagi platform dengan saudaranya di Toyota. Dan kali ini hal tersebut hadir lewat SUV besar mereka. Yang mungkin tidak akan memiliki tiga baris seperti Toyota, namun kami yakin akan tampil sangat mewah.


Lineup Toyota dan Lexus ini cukup ambisius karena mereka memamerkan model untuk hampir semua kategori mulai dari mobil kargo mungil, sportcar, hingga ke truk pikap elektrik. Lexus juga tampil cukup percaya diri dengan desain baru yang lebih fresh dan juga masih ada beberapa model yang kelihatannya belum diumumkan.