Toyota Akan Siapkan Kijang Innova Hybrid untuk Indonesia

Article Header Image

Toyota Akan Siapkan Kijang Innova Hybrid untuk Indonesia

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Diakui atau tidak, Toyota Kijang memang merupakan salah satu mobil yang paling populer dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Maka tidak mengejutkan bila Toyota Indonesia menjadikan Kijang Innova sebagai mobil elektrifikasi lokal pertama mereka.

Hal tersebut sendiri diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang kartasasmita dalam acara Pencapaian Produksi Ekspor Kedua Juta Unit dan Pelepasan Ekspor Perdana ke Australia dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

“Toyota telah menyampaikan komitmennya untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi, yang akan diawali dengan produksi Kijang hybrid.” ujar Menperin Agus dikutip dari GridOto.com.

Agus juga menyatakan bahwa mereka akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni dari Toyota.

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-45 tahun, Toyota Kijang Innova nantinya dipercaya akan menggunakan platform baru dan juga akan beralih untuk menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD).

Karena untuk sekarang, Kijang Innova dibangun di platform IMV Toyota yang sudah ada sejak 2004. Platform kuno ini disebut tidak memiliki pilihan konfigurasi mesin hybrid, sehingga akan sulit membangun Kijang Hybrid menggunakan platform ini.

Sedangkan di seluruh dunia, semua mobil hybrid Toyota umumnya telah menggunakan platform global mereka yang disebut TNGA (Toyota New Global Architecture). Beberapa contoh mobil yang menggunakan platform TNGA di Indonesia antara lain Toyota Camry, Toyota Corolla Alits, Toyota Corolla Cross, Toyota C-HR, dan Toyota Prius.

Peralihan menuju hybrid ini memang bisa benar-benar menjadi kelahiran kembali bagi Toyota Kijang sekaligus menjadi pernyataan bahwa Kijang merupakan mobil MPV yang memang didesain untuk masyarakat Indonesia dan akan terus berkembang mengikuti kemajuan teknologi.

Selain untuk dalam negeri, Toyota Kijang Innova atau yang dikenal Toyota Innova juga diekspor ke luar negeri seperti Malaysia, Filipina, India, Thailand, Timur Tengah, Ekuador, Mesir, Jamaica, Argentina, dan yang paling terbaru adalah Australia.

Bila perubahan ini berbuah positif kelihatannya besar kemungkinan bagi produk-produk Toyota Indonesia lainnya seperti Avanza, Fortuner, Hilux, Yaris, dan bahkan produk-produk Daihatsu ikut beralih menjadi hybrid.