Tesla Model 3 Geser Renault Zoe Jadi Mobil Listrik Terlaris di Eropa 2021

Article Header Image

Tesla Model 3 Geser Renault Zoe Jadi Mobil Listrik Terlaris di Eropa 2021

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Dengan persaingan yang semakin ketat di pasar mobil listrik, Tesla dengan Model 3-nya ternyata malah mampu naik menjadi mobil listrik yang paling laris untuk 2021 ini, menurut laporan dari Carscoops.

Laporan tersebut mengambil data dari JATO Dynamics, sebuah badan analisa otomotif yang berada di London. Dalam laporan tersebut disebut ada total 113.397 unit Model 3 yang berhasil terjual di Eropa mulai Januari hingga Novermber lalu.

Angka tersebut mewakili kenaikan sebesar 84% dari tahun lalu yang akhirnya membuat Model 3 berhasil menumbangkan Renault Zoe yang tahun sebelumnya menjadi mobil listrik paling laris dengan penjualan 99.261 unit.

Tesla Model 3 sendiri mulai mendominasi pasar Eropa sejak bulan September lalu dimana ia telah menjadi mobil listrik dengan penjualan terbaik bersama Model Y. Model Y sendiri menjadi favorit baru bagi masyarakat Eropa setelah diimpor dari China pada semester kedua 2021.

Tesla kemungkinan akan menutup tahun 2021 lalu dengan pangsa pasar keseluruhan sebesar 2% untuk wilayah Eropa Barat. Yang berarti menunjukkan peningkatan lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu yang hanya 0,9%.

Prediksinya, Tesla akan mampu menjual lebih dari 50.000 unit dalam bulan Desember lalu yang akan membulatkan angka penjualannya selama 2021 pada 170.000 unit.

Namun meskipun berhasil menjadi yang terlaris di Eropa, namun untuk masalah total penjualan unit masih didominasi oleh Volkswagen Group yang berhasil menjual sekitar 300.000 mobil listrik di Eropa tahun ini.

Angka tersebut tentunya akumulasi dari beberapa sub-brand milik VW Group seperti VW, Audi, Skoda, Porsche, dan juga Cupra. Stellantis yang memiliki merk Peugeot, Opel, Citroen, Fiat, dll menempati posisi ketiga. Diikuti dengan Renault-Nissan yang berada di posisi keempat.