Suzuki Luncurkan Ertiga Hybrid. LMPV Hybrid Pertama di Indonesia

Article Header Image

Suzuki Luncurkan Ertiga Hybrid. LMPV Hybrid Pertama di Indonesia

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Pertarungan mobil kelas Low Multi Purpose Vehicle atau LMPV di Indonesia memang selalu panas. Hal tersebut dikarenakan mayoritas orang di Indonesia membli mobil jenis ini karena multi-guna dan juga harganya yang dapat dijangkau banyak orang.

Maka tidak mengherankan pabrikan mobil di Indonesia bersaing sengit menghadirkan mobil yang menarik untuk kelas ini. Gebrakan terbaru dibuat oleh Suzuki yang baru saja meluncurkan All New Ertiga Hybrid. Menjadikan LMPV andalan Suzuki ini menjadi mobil elektrifikasi pertama di kelasnya.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan secara resmi mobil barunya tersebut ke publik di Mal Kelapa Gading 3 Jakarta kemarin. Acara peluncuran tersebut juga dihadiri Shingo Sezaki – President Director Suzuki Indonesia dan Soebronto Laras – Komisaris Suzuki Indonesia.

All New Suzuki Ertiga Hybrid ini nantinya akan dibuat di pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat. Dan selain dijual untuk pasar domestik, mobil hybrid ini nantinya juga akan dieksport ke berbagai negara di dunia. Disebutkan ada 12 negara yang akan dituju meliputi Asia Tenggara, Amerika Latin, Kepulauan Pasifik, dan Karibia.

Secara bentuk, tidak ada perubahan besar yang dilakukan oleh Suzuki terhadap eksterior maupun interior dari Ertiga Hybrid ini. Namun bila diperhatikan maka terlihat bahwa desain grille-nya kini berbeda, deain pelek baru, spion yang kini sudah auto-retract, pintu belakang punya garnish baru, serta ada emblem Hybrid pada bagian belakangnya.

Di dalam perubahan yang terasa adalah desain MID yang diperbarui, ambience color interior baru, warna jok baru, dan beberapa ornamen interior baru lainnya.

Bila perubahan pada tampilan mobil ini tidak terlalu terasa, perubahan signifikan tentu telah dilakukan di bawah kap mesinnya. Karena Suzuki kini telah menghadirkan Suzuki Smart Hybrid pada Ertiga baru ini. Sehingga nantinya mesin konvensionalnya akan ditemani Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-ion battery.

Dengan teknologi baru ini, daya yang ada pada baterai akan digunakan untuk menggerakkan mobil pertama kali sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bensin. Namun di sisi lain, ISG juga akan berfungsi sebagai regenerative decelaration yang memungkinkan mobilnya dapat mengecas baterai ketika mengerem.

Selain itu untuk menambah kenyamanan Suzuki juga memberikan fitur New ESP (Electronic Stability Programme), New Hill Hold Control, New GSI (Gear Shift Indicator), New Cruise Control, dan New Auto Light with Guide Me Light.

Yang mengejutkan Suzuki akan menjual All New Ertiga Hybrid ini dengan harga yang masih dibawah Rp300 jutaan. Berikut detail untuk harga On the Road (OTR)-nya:

  • All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp292.300.000
  • All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp270.300.000