Stasiun Pengisian Baterai Mobil Ini Buat Energi Terbarukannya Sendiri

Article Header Image

Stasiun Pengisian Baterai Mobil Ini Buat Energi Terbarukannya Sendiri

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Salah satu hal yang paling banyak diperdebatkan mengenai kendaraan listrik adalah sumber energi listrik yang pada dasarnya berasal dari pembangkit listrik bertenaga batu bara.

Hal tersebut membuat banyak orang mempertanyakan usaha transisi menuju mobil listrik sebagai usaha yang sia-sia. Namun salah satu penemu asal Amerika Serikat, Jim Bardia punya solusi untuk masalah tersebut.

Sebagai penemu dan juga insinyur, Jim Bardia memiliki konsep yang ia sebut The Wind & Solar Tower. Seperti namanya, konsep stasiun pengisian baterai ini akan menghasilkan energi terbarukannya sendiri lewat tenaga angin dan juga panel surya.

Di setiap stasiun pengisiannya akan dilengkapi oleh atap dengan panel surya. Selain itu, di ujung atas stasiunnya juga dilengkapi dengan kincir angin vertikal yang keduanya akan menghasilkan energi listrik untuk mengisi daya hingga 6 kendaraan bersamaan.

Stasiun pengisian listrik tersebut diklaim dapat menghasilkan 169.000 kWh listrik dari energi terbarukan per tahunnya. Yang berarti cukup untuk memberikan hampir 1 juta km range untuk kendaraan listrik.

Sebagai sebuah stasiun pengisian, The Wind & Solar Tower akan dilengkapi dengan baterai sebesar 1.000 kW. Ia juga akan dilengkapi dengan pembersih panel surya otomatis untuk menjaga keoptimalan menyerap energi mataharinya.

Namun dengan konsep yang ambisius ini, The Wind & Solar Tower memiliki tantangan yang besar untuk direalisasikan. Yang pertama, dia membutuhkan banyak paten dan juga desain untuk membuat nyata setiap bagian dari stasiun pengisian listrik ini.

Belum lagi, setiap daerah yang nantinya akan dibangun stasiun pengisian ini akan memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri yang dapat mempengaruhi efisiensi produksi energi listriknya entah dari angin atau intensitas matahari di area tersebut.

Sehingga masih belum jelas kapan Jim Bardia dan timnya akan seiap untuk memproduksi masal The Wind & Solar Tower ini. Tetapi konsepnya memang menjanjikan sebuah energi terbarukan dan ramah lingkungan yang dapat diaplikasikan dimana saja.