Sony Resmi Umumkan Mobil Listrik Kedua Mereka, Vision-S 02 Concept

Article Header Image

Sony Resmi Umumkan Mobil Listrik Kedua Mereka, Vision-S 02 Concept

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

2 tahun yang lalu, gelaran CES 2020 sempat heboh karena raksasa gadget Sony tiba-tiba memperkenalkan sedan elektrik pertama mereka yang disebut Vision-S sedan concept.

Setelah melewati 2021 tanpa kabar kejelasan, banyak yang mengira bahwa Sony telah mengurungkan niatnya untuk mengembangkan mobil listrik. Namun ternyata Sony langsung menampik hal tersebut dengan memperkenalkan mobil konsep kedua mereka pada gelaran CES 2022.

Mobil baru ini dinamai Vision-S 02 dan berbeda dari sebelumnya, kini ia mengadopsi bentuk crossover atau SUV kompak. Mobil ini nantinya ditargetkan untuk menjadi rival dari Tesla Model X yang menjadi salah satu mobil listrik paling populer Tesla.

Sony Vision-S 02 (kiri) dan Sony Vision-S 01 (kanan)

Selain mobil konsep baru, Sony juga tiba dengan pengumuman besar yaitu mereka resmi membentuk Sony Mobility Inc. pada awal tahun ini. Perusahaan ini nantinya akan mengeksplorasi kemungkinan Sony untuk masuk ke pasar mobil listrik.

Secara desain mobil ini memiliki kemiripan styling dengan saudara sedannya. Mobilnya tampil halus dengan nuansa futuristis layaknya mobil-mobil listrik lainnya. Bahkan bisa dibilang bahwa Vision-S 02 ini hanyalah versi lebih besar dan tinggi dari Vision-S 01.

Desain fascia depan yang dihuni dua buah lampu yang tersambung dengan LED bar. Pahatan yang ada di bagian lampu juga identik di kedua mobil, hingga tarikan garisnya pada sisi samping mobil juga cukup mirip. Bahkan desain lampu belakang keduanya juga cukup identik.

Perbedaan utama yang membedakan antara dua mobil ini tentu ada pada ukuran dan juga bentuk atapnya. Bila pada Vision-S 01 menggunakan desain atap sedan konvensional pada umumnya, Pada Vision-S 02 atapnya hampir tegak hingga pilar C dan baru melandai di atas roda belakang.

Hal tersebut memang sengaja didesain karena Vision-S 02 memiliki kabin yang dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Sehingga bagian belakangnya harus dimaksimalkan untuk memberi ruang untuk baris ketiganya.

Masalah interior sendiri Vision-S 02 kembali mengadopsi desain dari kakaknya. Dengan interior minimalis-futuristis dan dashboard yang dipenuhi dengan 3 buah layar. Plus dua buah layar di ujung kanan-kiri sebagai spion.

Selain itu baris kedua juga memiliki 2 layar touchscreen di belakang jok depan. Serta terkahir adalah layar kecil untuk pengaturan climate control. Total ada 9 layar yang dimiliki oleh mobil ini.

Sebagai mobil yang dirilis oleh Sony, kabin Vision-S 02 didukung dengan video service Bravia Core dan bahkan kemampuan untuk memainkan game-game PlayStation lewat remote connection. Hal ini tentunya bisa menjadi saingan berat bagi Tesla.

Untuk penggeraknya, mobil ini akan menggunakan dua buah motor listrik yang masing-masing sebesar 200 kW yang menghasilkan tenaga 268 daya kuda. Top speed SUV ini diklaim mencapai 180 km/jam meskipun sayangnya Sony tidak membeberkan baterai yang digunakan beserta jarak tempuh mobil ini.