Range Rover Sport Baru Diluncurkan, Tersedia dalam Hybrid Versi Elektrik Menyusul

Article Header Image

Range Rover Sport Baru Diluncurkan, Tersedia dalam Hybrid Versi Elektrik Menyusul

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Setelah sebelumnya telah meluncurkan Range Rover terbaru, kini Land Rover akhirnya memperkenalkan generasi terbaru untuk Range Rover Sport. Sama seperti saudaranya, Range Rover Sport terbaru ini juga hadir dalam pilihan hybrid. Dengan pilihan elektrik penuh akan menyusul 2 tahun lagi.

Untuk sekarang, para pembeli bisa memilih varian mesin kombusi 4,4 liter V8 dan juga tiga pilihan mesin Plug-In Hybrid (PHEV). Land Rover sendiri tidak main-main dengan mesin elektrik mereka, karena Range Rover Sport PHEV nantinya dapat melaju hingga 113 km hanya dengan tenaga listrik.

Masalah desain, Range Rover Sport mendapat ubahan mirip dengan versi normalnya. Dengan mayoritas garis-garis bodinya yang kini menjadi semakin bersih dan modern. Bahkan mobil ini bisa dibilang memiliki beberapa elemen desain yang membuatnya tampil seperti mobil listrik.

Meskipun sama, namun Range Rover Sport juga mempertahankan keunikan yang selama ini dimiliki oleh mobilnya. Mulai dari atap yang melandai dan dicat berbeda dengan bodi, hingga ornamen di samping mobil yang tampak seperti saluran angin. Identitas Range Rover juga dipertegas lewat logo besar horizontal di belakang mobil yang menyambungkan kedua lampu belakangnya.

Masuk ke dalam interiornya, Land Rover memberikan penyegaran yang lebih masif dengan merombak hampir semua sisi kabin. Range Rover Sport sendiri mengadopsi kabin yang mirip dengan yang dimiliki Range Rover. Dengan layar instrumen full digital, layar infotainment sebsar 13,1 inci, dan juga ambience light yang bisa diatur.

Berbagai kelengkapan di dalam Range Rover Sport baru ini juga tampil lebih canggih dan nyaman. Plus, versi baru ini juga memiliki legroom baris kedua yang lebih lega. Namun memang Land Rover mengemas interior untuk varian Sport ini lebih sporty namun tetap nyaman dan mewah.

Pilihan penggerak hybrid yang semakin beragam

Untuk penggeraknya, pembeli dapat membeli varian PHEV yang lebih ramah lingkungan dalam dua varian. Yang pertama adalah varian P400, yang akan menggunakan mesin 3.000 cc turbo mild-hybrid dengan tenaga 395 daya kuda dan torsi 550 Nm. Varian ini dapat melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,4 detik.

Di atasnya, ada varian P440e yang masih menggunakan mesin yang sama namun kini menggunakan teknologi plug-in hybrid. Tenaganya kini meningkat menjadi 434 daya kuda dengan torsi 620 Nm dan akselerasi 0-100-nya yang sedikit turun menjadi 5,5 detik.

Varian tertingginya adalah P510e yang memiliki tenaga hingga 503 daya kuda dan torsi yang mencapai 700 Nm. Akselerasinya pun kini akhirnya hanya butuh waktu 5,2 detik saja. Ketiga varian hybrid tersebut akan menggunakan baterai yang sama yaitu 38,2 kWh.

Untuk harganya, Land Rover akan membanderol Range Rover Sport sedikit lebih mahal dari versi sebelumnya. Meskipun detail dari setiap variannya belum jelas namun disebutkan mobil ini akan dibanderol dengan harga mulai dari $83.000 atau sekitar Rp1,2 miliar untuk varian terendahnya. Sedangkan harga untuk versi tertingginya disebut akan mencapai $121.500 atau Rp1,7 miliar.