Quest Atom Alpha. Motor Listrik Mungil Lokal Karya Eks Insinyur Tesla

Article Header Image

Quest Atom Alpha. Motor Listrik Mungil Lokal Karya Eks Insinyur Tesla

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Sepeda motor listrik disebut-sebut oleh Gaikindo sebagai jalan pembuka bagi elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Maka merupakan berita yang menggembirakan bila motor listrik buatan dalam negeri terus bertambah jumlahnya.

Quest Motor merupakan produsen motor listrik mungil milik mantan enginer Tesla asal Indonesia, yaitu Niko Questera. Niko yang pernah menjadi Senior Firmware Integration Engineer di Tesla ini telah mendirikan Quest Motor sejak akhir tahun lalu.

Proyek perdananya mereka dinamai Atom Alpha, motor listrik mungil atau minibike yang dapat mengangkut satu orang. Namun nilai jual utama dari minibike ini memang ada pada kepraktisan dan juga keunikan desainnya. Motor kecil ini dibangun di Bandung, Jawa Barat dengan menggunakan 70 persen komponen lokal.

Sang pendiri, Niko juga menjelaskan bahwa komponen yang harus dibeli dari luar negeri adalah baterai. Namun meski begitu, mereka tetap merakitnya menjadi battery pack di Indonesia.

Desainnya sendiri cukup sederhana dengan frame bodi yang terlihat jelas, lampu depan yang telah LED, setang model telanjang yang cukup tinggi, hingga ke jok single dengan battery pack di bawahnya.

Sebagai alat transportasi, Atom Alpha memiliki beberapa tipe yang tergantung dari kemampuan jarak tempuhnya. Minibike listrik yang digunakan bertipe hub dan dikembangkan sendiri oleh Quest Motor sebesar 1 kW atau setara 1,35 daya kuda.

Baterai yang digunakan adalah lithium-ion tipe 217000 dengan daya 100-200 watt. Quest Motor mengklaim bahwa motor ini dapat diisi penuh dari kosong dalam 2 hingga 3,5 jam tergantung daya listrik. Berita baiknya motor ini dapat diisi ulang di rumah yang bahkan memiliki tenaga listrik hanya 900 watt.

Quest Motor menyediakan 3 tipe berdasar jarak tempuh yaitu LTE dengan baterai 240 Wh dan jarak tempuh 8 km dengan harga Rp12,9 juta. Kemudian ada PLAY dengan baterai 480 Wh dengan jarak tempuh 16 km dengan harga Rp14,9 juta. Dan PRO dengan baterai 720 Wh dengan jarak tempuh 24 km dan harga Rp16,9 juta.