Motor Listrik Pininfarina dengan Eysing akan Bergaya Retro

Article Header Image

Motor Listrik Pininfarina dengan Eysing akan Bergaya Retro

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Nama Pininfarina tentu tersohor sebagai salah satu rumah desain asal italia yang berkali-kali membuat mobil dengan bentuk indah. Namun kini, Pininfarina ternyata memperluas portofolionya dengan mendesain motor listrik pertamanya.

Bekerja sama dengan sebuah brand moped elektrik asal Belanda yaitu Eysing, keduanya mengembangkan sebuah motor listrik yang terinspirasi dari salah satu motor tertua di Belanda yang bernama Illustrious Eysink yang dulu didirikan pada 1886 di Amersfoort.

Meskipun telah diumumkan, namun moped elektrik ini baru akan dilunurkan kepada publik pada 8 Desember mendatang. Nantinya para pembeli yang tertarik telah dapat membeli slot produksinya secara online.

Motor listriknya sendiri mengusung desain retro bahkan untuk komponen-komponen kecilnya. Eysing sendiri menyebut bahwa motor listriknya ini merupakan penghormatan terhadap desain sepeda motor dari era sebelum Perang Dunia.

Motor Listrik Pininfarina
Teaser motor listrik pininfarina

Baik Eysing dan Pininfarina memang memiliki pemahaman dan keinginan yang sama untuk menciptakan sebuah produk yang sangat eksklusif dan berbeda dari yang ada di pasar. Maka dari itu, desain kolaborasi ini sangat memperhatikan detail-detail di dalam motornya.

“Eysing memiliki banyak kesamaan dengan kami. Mereka adalah brand yang memiliki passion untuk sejarah, karakter eksklusif, dan nilai produk” ungkap Fabio Calorio, Head of UX and ID Sales and Global Brand Extension Pininfarina.

CCO Pininfarina, Kevin Rice juga menyambut baik kerjasama yang dijalin dengan Eysing untuk membuat produk baru bersama. Motor listrik yang mereka hasilkan tersebut diharapkan dapat menyambungkan antara masa lalu dan masa depan.

Motor Listrik Pininfarina
Eysing Pioneer

Sebelumnya, Eysing telah memiliki produk andalan mereka yang disebut sebagai Pioneer. Motor listrik ini juga mengadopsi desain motor kuno namun dengan pendekatan teknologi dari motor listrik modern. Membuatnya tampak unik.

Kecepatan dari Eysing Pioneer ini memang dibatasi di bawah 50 km/jam agar dapat tetap masuk ke kategori moped. Sehingga pengendaranya nanti tidak perlu memiliki surat izin mengemudi roda dua karena masih dihitung sebagai sepeda listrik.

Desain dari motor listrik pertama Pininfarina bersama Eysing ini kelihatannya masih mengusung gaya retro yang senada. Namun dari teaser yang dibagikan, kelihatannya desain dari Pininfarina ini akan tampil lebih stylish dan mencolok.