Percepat Perkembangannya, Perkumpulan Perusahaan Kendaraan Listrik di Indonesia Bentuk Asosiasi

Article Header Image

Percepat Perkembangannya, Perkumpulan Perusahaan Kendaraan Listrik di Indonesia Bentuk Asosiasi

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Semua pihak kelihatannya memang terus berusaha untuk mendorong perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Dan usaha tersebut tidak hanya datang dari Pemerintah namun juga para pelaku usaha kendaraan listrik. Seperti yang dilakukan oleh para pelaku industri kendaraan listrik yang baru saja mendeklarasikan pembentukan Persatuan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

Deklarasi pembentukan Periklindo ini sendiri dilaksanakan pada hari terkahir pameran otomotif IIMS di JiExpo Minggu kemarin, 25 April 2021. Nantinya Periklindo ini akan menjadi wadah untuk menampung aspirasi dari semua pelaku industri kendaraan listrik baik roda dua, roda empat, kendaraan komersial, maupun industri pendukungnya.

Deklarasi pembentukan Periklindo (dok. @hendranoorsaleh)

Harapannya, persatuan ini mampu menjembatani berbagai pihak agar ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dapat berkembang baik dan memberikan efek maksimal. Cakupannya sendiri mulai dari kendaraan listrik itu sendiri, informasi yang diperlukan seluruh pihak, hingga edukasi kepada masyarakat.

Dikutip dari Suara.com untuk kepengurusannya sendiri, Periklindo ini akan diketuai oleh Dr. H. Moeldoko dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Jabatan sekretaris jenderal (Sekjen) oleh Tenggono Chuandra Phoa dari Wuling Motors Indonesia. Dan bendahara oleh Cing Hok dari DFSK.

Kueta Periklindo – Dr. H. Moeldoko memberikan sambutan (dok. @hendranoorsaleh)

“Periklindo terbuka untuk semua pelaku industri kendaraan listrik, dan akan memberikan yang terbaik demi kemajuan industri kendaraan listrik di Tanah Air,” pungkas Ketua Umum Periklindo – Moeldoko.

Indonesia sendiri memang dilihat butuh akselerasi pembentukan ekosistem kendaraan listrik agar dapat segera mengejar negara lain. Sehingga diperlukan kerja sama dari berbagai pihak mulai dari industri pemroduksi kendaraan, industri pendukung, pemerintah selaku pembuat regulasi, serta masyarakat yang harus segera dimajukan lewat edukasi.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!