Kampus ITS Surabaya Kembali Patenkan 6 Motor Listrik Baru

Article Header Image

Kampus ITS Surabaya Kembali Patenkan 6 Motor Listrik Baru

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebelumnya telah dikabarkan mematenkan 2 prototipe sepeda motor listrik, kini kampus teknologi asal Surabaya tersebut kembali mematenkan setidaknya enam prototipe motor listrik ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM RI.

Paten ini menambah variasi motor listrik yang didaftarkan oleh ITS. Bila sebelumnya yang didaftarkan merupakan model skuter maxi dan scrambler, maka kini variasi meluas mulai dari motor niaga roda tiga, motor trail, hingga skuter listrik dengan berbagai macam gaya.

Sayangnya, sama seperti sebelumnya ITS tidak mencantumkan data spesifikasi teknis untuk semua prototipe yang didaftarkan. Sehingga yang bisa dipelajari dari paten ini hanya ada pada bentuk fisiknya saja yang mencakup bentuk, garis, dan konfigurasi.

Kendaraan Roda Tiga Bertenaga Listrik

Seperti namanya, skuter listrik roda tiga ini diperuntukkan sebagai kendaraan niaga untuk membawa barang, logistik, ataupun kebutuhan usaha lainnya.

Desainnya mirip dengan skuter listrik roda 3 yang sudah ada, namun yang unik adalah bagian depannya yang mengotak hanya dilengkapi dengan apa yang terlihat seperti dua buah lampu kecil. Sedangkan bagian belakangnya sudah dilengkapi dengan box kargo besar.

E-Trail Bangkits Cendrawasih M.01

Salah satu prototipe yang paling menarik dalam daftar ini adalah trail elektrik bernama Bangkits Cendrawasih M.01. Bentuk motornya sendiri tampil sporty dan futuristis dengan dual headlight, serta baterai dan perangkat listrik yang dijadikan dalam satu box di bawah.

Dalam deskripsinya, ITS juga menyoroti penggerak motor listrik yang memberikan karakteristik torsi bawah yang bertenaga, sehingga sangat cocok digunakan pada motor trail, sambil tetap menjadi kendaraan yang ramah lingkungan, tanpa menghasilkan polusi.

Skuter Listrik Mini 1

ITS cukup berani bereksperimen pada skuter listrik mini ini karena hingga ada 3 varian styling. Yang pertama ini menggunakan desain retro-modern layaknya Honda Scoopy ataupun Vespa 150.

Desain ini kemungkinan dipilih karena cukup populer terutama bagi para pengguna wanita yang tidak terlalu menyukai desain yang tajam dan agresif.

Skuter Listrik Mini 2

Untuk model yang kedua, ITS mengambil gaya sporty yang cukup mainstream di pasaran skutik kelas 110-125 cc. Bahkan untuk skuter listrik pun gaya ini juga lumayan populer, termasuk digunakan pada skuter listrik Gesits.

Skuter Listrik Mini 3

ITS ternyata masih mendorong gaya retro modern pada skuter listriknya pada varian ketiga ini. Bila pada varian pertama bentuk belakang bodinya masih terlihat sedikit modern, maka pada varian ketiga ini styling retro milik Vespa tersebut terasa lebih kuat berkat bagian belakang yang membulat.

Skuter Listrik Medium

Cukup unik untuk melihat ITS mendaftarkan skuter medium, padahal sebelumnya ITS telah mendaftarkan skuter listrik serupa dengan nama i-Durrand. Namun bila diperhatikan memang keduanya memiliki perbedaan desain yang cukup signifikan.

Namun memang ada sedikit perbedaan pada desainnya. Dan sebenarnya sah-sah saja ITS mematenkan banyak desain untuk motor dengan kelas serupa karena ini masih berupa paten desain yang tentu memiliki keleluasaan untuk berubah juga ketika masuk ke jalur produksi nantinya.