Panasonic Buat Sistem Audio Khusus Mobil Listrik

Article Header Image

Panasonic Buat Sistem Audio Khusus Mobil Listrik

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Sistem audio dalam sebuah kendaraan memang bukan prioritas bagi banyak orang. Namun bagi Panasonic, audio mobil listrik kini adalah hal yang penting. Apalagi dengan semakin banyaknya produsen otomotif yang beralih ke mobil listrik.

Panasonic Automotive, divisi khusus audio milik Panasonic pun kini unjuk gigi pada event CES 2023. Mereka memperlihatkan sistem audio modular yang memang didesain khusus untuk mobil listrik. Targetnya, produk mereka dapat mengurangi konsumsi energi dan bobot.

Tanpa disadari sistem audio juga memiliki bobot yang cukup berat. Ditambah lagi konsumsi dayanya yang juga cukup menguras terutama untuk mobil listrik yang sama-sama bergantung pada baterai. Maka dari itu, Panasonic ingin memecahkan masalah tersebut.

Sistem audio baru milik Panasonic ini nantinya akan membawa perubahan, termasuk pada lokasi di mana speaker diletakkan di dalam mobil. Karena hingga sekarang hampir semua mobil meletakkan sistem audio-nya pada bagian bawah pintu.

audio mobil listrik
Image Credit: @robpegoraro

Teknologi audio Panasonic ini akan memanfaatkan lingkungan kabin mobil untuk kalibrasi suaranya. Sehingga sistem tersebut dapat mengoptimalkan lokasi untuk sistem audio untuk mendapat suara semaksimal mungkin dengan komponen sesedikit mungkin.

“Desain sistem audio inovatif kami ini berhasil mencapai beberapa inovasi teknis, sekaligus menurunkan biaya pengoperasian EV. Kami telah mengurangi output daya hingga setengah dari sistem tradisional. Tanpa harus mengorbankan kualitas suaranya.” ungkap Andrew Poliak, CTO Panasonic Automotive Systems Company of America.

Klaim dari sang CTO pun cukup berani, karena mereka menyebut bahwa Panasonic berhasil mengurangi konsumsi energi untuk sistem audio hingga 67%. Yang harusnya dapat memberikan jarak tempuh yang lebih jauh untuk mobil listrik.

Selain itu, karena sistem audio mobil listrik Panasonic ini memanfaatkan seluruh kabin, maka semua penumpang akan dapat menikmati performa audio yang sama. Tanpa harus membuat sebagiannya kelelahan karena terlalu dekat dengan sumber suara, atau sebaliknya.

Sayangnya, dalam gelaran CES tersebut Panasonic hanya mempresentasikan perkembangan sistemnya tersebut tanpa adanya penampakan dari sistem audionya. Namun tentu akan menarik untuk melihat sistem audio modular yang ditawarkan tersebut.

Sistem audio mobil listrik ini merupakan bagian dari gerakan Panasonic Green Impact. Gerakan ini menarget untuk dapat memberikan kualitas hidup yang lebih baik untuk konsumen, namun juga memberikan dampak yang posituf untuk lingkungan.