Nio Perkenalkan ET5, Rival Tesla Model 3 dengan Jarak Tempuh 1.000 km

Article Header Image

Nio Perkenalkan ET5, Rival Tesla Model 3 dengan Jarak Tempuh 1.000 km

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Jarak tempuh 1.000 km kelihatannya menjadi target besar baru untuk para pabrikan mobil listrik untuk model-model tertingginya. Hampir semua brand otomotif kelas atas akan membuat model khusus yang dapat menembus batasan ini. Salah satunya adalh NIO, pabrikan mobil listrik premium asal China ini juga masuk dengan ET5.

NIO ET5 ini akan masuk ke dalam kategori yang cukup panas karena telah ditempati oleh Tesla Model 3 dan juga BMW i4. Maka dari itu, NIO mempersiapkan ET5 ini dengan beberapa fitur unggulan agar dirinya dapat relevan.

Secara desain, ET5 memiliki desain yang mirip dengan kakaknya yang lebih besar, ET7. ET5 tetap memiliki desain yang halus dan minimalis, namun tetap mewah. NIO kelihatannya mempertahankan desain terebut untuk memaksimalkan aerodinamika mobilnya demi mendapatkan jarak tempuh yang lebih tinggi.

Di dalam, ET5 tampil layaknya mobil listrik premium pada umumnya dengan layar digital untuk spedometer dan juga layar tablet vertikal 10 inci di tengah dashboard sebagai pusat infotainment dan pengaturan. Namun dibalik interior modern tersebut terdapat juga NIO PanoCinema, kokpit digital panoramik milik NIO yang menggunakan teknologi augmented (AR) dan virtual reality (VR).

Sayangnya, NIO tidak merilis gambar yang menunjukkan teknologi ini tengah beraksi. Namun Nio mengungkapkan bahwa kolaborasinya dengan NREAL dan Nolo tersebut nantinya akan menghasilkan kacamata AR dan VR khusus. Kacamata ini nantinya mampu memproyeksikan layar sebesar 201 inci ke area 6 meter ke depan.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan ambient lighting dengan kombinasi 256 warna, sound system Dolby Atmos surround 7.1.4, serta UWB digital dan smart key.

Untuk penggeraknya, ET5 ditenagai dua motor elektrik 150 kW untuk roda depan dan 210 kW untuk roda belakang. Motor listrik kombinasi 360 kW tersebut akan menghasilkan 483 daya kuda dan torsi 700 Nm. Mobil ini dapat melaju dari nol ke 100 km/jam  dalam waktu 4,3 detik.

Sedangkan jarak tempuhnya, NIO memberikan beberapa pilihan mulai dari 550 km dengan baterai jarak standar 75 kWh, ada juga yang mencapai 700 km dengan baterai jarak jauh 100 kWh. Dan yang terakhir tentu adalah baterai ultralong range 150 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 1.000 km.

NIO berencana untuk merilis ET5 ini pada bulan September 2022 mendatang dengan harga mulai dari RMB 328.000 atau sekitar Rp 740 juta sebelum subsidi. Sayangnya, tidak dijelaskan apakah NIO akan menjual mobil ini untuk pasar global atau eksklusif untuk pasar China saja.