Motor Listrik Disebut Bisa Menjadi Pembuka Pasar Elektrifikasi Indonesia

Article Header Image

Motor Listrik Disebut Bisa Menjadi Pembuka Pasar Elektrifikasi Indonesia

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Menjadi salah satu negara dengan pengguna sepeda motor tertinggi di Asia Tenggara, Indonesia memang menjadi surga bagi para produsen sepeda motor. Maka tidak mengejutkan bila akhirnya Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merasa bahwa sepeda motor listrik bisa menjadi pembuka pasar elektrifikasi di Indonesia.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara pada Jumat lalu. Kukuh menyebut bahwa pengenalan motor listrik di Indonesia dapat membuka pasar kendaraan listrik. Baru setelahnya pemerintah dapat mulai menjangkau pasar mobil listrik.

Pernyataan tersebut memang ada benarnya, mengingat sepanjang 2021 ini saja Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat bahwa sudah ada 3,7 juta motor baru yang terjual di dalam negeri. Angka masif tersebut menunjukkan potensi pasar yang dapat diraih oleh produsen motor listrik.

Memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuka pasar kendaraan listrik di Indonesia. Yang pertama adalah kesiapan komponen yang memadai. Karena hal ini untuk memastikan keberlangsungan perkembangan pasar motor listrik saat nantinya sudah mulai berjalan.

Di sisi lain, fakta di lapangan menunjukkan bahwa motor listrik masih sulit untuk melakukan penetrasi ke masyarakat Indonesia. Yang pertama adalah pandangan konsumen Indonesia terhadap motor listrik masih sebelah mata.

Banyak konsumen Indonesia yang masih meragukan tentang kualitas dan ketangguhan produk motor listrik yang ada di Indonesia. Terutama anggapan bahwa motor listrik merupakan barang murah yang cepat rusak. Belum lagi dari sisi kepraktisan dimana motor listrik masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicas. Padahal masyarakat Indonesia menjadikan sepeda mtoor sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Semua kekurangan yang dimiliki motor listrik tersebut menjadikan keberadaannya lebih dianggap sebagai kendaraan alternatif ketimbang kendaraan pengganti. Maka dari itu pemerintah diharapkan memberikan perhatian lebih untuk pasar motor listrik agar stigma masyarakat dapat berubah.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!