Daftar 10 Mobil Listrik Paling Laris di Indonesia 2022

Article Header Image

Daftar 10 Mobil Listrik Paling Laris di Indonesia 2022

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Tahun 2022 memang cukup menarik bagi perkembangan mobil listrik. Terutama karena pertumbuhannya yang relatif melonjak signifikan selama 12 bulan ke belakang. Lalu mobil listrik apa yang paling laris 2022 silam?

Ternyata jawabannya adalah Wuling Air ev. Mobil listrik mungil pendatang baru ini ternyata mampu menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang baru akan terjun dan ingin mencoba mengadopsi.

Kehadiran Wuling Air ev tentu menjadi kejutan yang tidak diduga, mengingat di semester pertama 2022 ini masih didominasi oleh Hyundai Ioniq 5. Kini SUV elektrik milik Hyundai tersebut harus berada di posisi runner-up.

Mobil Listrik laris 2022
Hyundai Ioniq 5

Meskipun kalah namun Hyundai Ioniq 5 sekaligus bersama dengan Wuling Air EV merupakan dua mobil listrik paling laris 2022 yang paling mendominasi pasar mobil lstrik lokal berdasarkan data penjualan Gaikindo.

Kedua mobil listrik tersebut adalah dua model yang mampu menembus angka 1.000 unit penjualan selama 2022 silam. Sedangkan mobil-mobil listrik lain di bawahnya hanya mampu terjualan dalam hitungan puluhan unit dan bahkan tidak sampai.

Berikut adalah daftar mobil listrik paling laris 2o22 silam di Indonesia.

  1. Wuling Air ev: 5.921 unit
  2. Hyundai Ioniq 5: 1.786 unit
  3. Nissan Leaf: 52 unit
  4. Hyundai Ioniq EV: 45 unit
  5. Lexus UX300e: 42 unit
  6. MINI Cooper Electric: 26 unit
  7. Hyundai Kona EV: 20 unit
  8. Hyundai Genesis G80 EV: 10 unit
  9. DFSK Gelora E: 9 unit.
  10. Toyota c+POD EV: 2 unit

Perlu diingat juga bahwa lonjakan penjualan mobil listrik ini juga merupakan dampak diadakannya acara internasional KTT G20 di Bali November lalu. Meskipun statusnya lebih ke dipinjamkan yang kemudian akan dijual kembali oleh ATPM.

Mobil Listrik laris 2022
Tesla Model 3

Sayangnya, sekali lagi data di atas hanya dapat mengacu para brand yang terdaftar dalam Gaikindo, sehingga penjualan beberapa mobil listrik lain seperti Tesla, Porsche, hingga Renault yang masuk melalui importir umum tidak ada.

Tahun 2023 ini bakal menjadi tahun yang menarik untuk mobil listrik. Dengan semakin banyak brand yang tengah bersiap merilis produknya. Sebut saja DFSK Mini EV yang akan menjadi pesaing Wuling Air ev. Seres SF5, Chery Omoda 5, hingga BMW i7.

Ditambah lagi dengan rencana diterapkanya subsidi untuk kendaraan listrik yang tentunya akan membuat harga mobil-mobil listrik ini semakin bersaing. Sekaligus mendorong para brand untuk membangun mobil listriknya secara lokal.