Mercedes Vision AMG, Mobil Konsep Empat Pintu Mercy untuk Lawan Porsche Taycan

Article Header Image

Mercedes Vision AMG, Mobil Konsep Empat Pintu Mercy untuk Lawan Porsche Taycan

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Mercedes-Benz kelihatannya masih disibukkan untuk terus melengkapi lineup elektriknya. Bila sebelumnya mereka sudah memperkenalkan sedan mewahnya EQS, SUV EQG, hingga mobil super Vision EQXX. Kini Mercedes-Benz kembali dengan sedan elektrik performa tinginya.

Disebut sebagai Vision AMG, mobil konsep ini menggunakan arsitektur AMG.EA yang memang menjadi platform untuk semua model AMG elektrik yang tengah dikembangkan dengan target perilisannya pada 2025 mendatang.

“Vision AMG menunjukkan dengan cara yang spektakuler seperti apakah elektrifikasi Mercedes-AMG sekaligus tetap menjaga estetika brand-nya” ungkap CEO Mercedes-AMG, Philipp Scheimer.

Konsep mobil yang merupakan studi ini disebut menciptakan proporsi ekstrim yang memiliki daya tarik dan juga semangat untuk performa. Yang disebut merupakan inti dari brand AMG itu sendiri.

Secara bentuk, Mercedes Vision AMG memiliki proporsi yang unik dengan wheelbase yang sangat panjang, overhang pendek, dan empat pintu. Meskipun memiliki baris kedua, mobil ini memiliki atap yang melandai layaknya fastback/coupe.

Untuk memaksimalkan performa sekaligus efisiensi hambatan angin, Vision AMG juga didesain dengan lekukan seminim mungkin dengan garis-garis yang mengalir dari depan ke belakang. Meskipun terlihat sangat futuristis dan konsep, namun AMG mengutarakan bahwa mereka ingin membawa beberapa aspek dari konsep ini ke versi produksinya nanti.

Bagian yang mereka ingin bawah adalah bagian pintu tanpa pilar dengan pintu belakang ala hatchback di belakang. Yang lebih kontroversial AMG mengatakan ingin membawa lampu belakang di bumper belakang layaknya knalpot tersebut ke produksi.

Di luar bentuknya yang cukup high-end, AMG sayangnya masih belum membongkar bagaimana performa yang akan dimiliki oleh Vision AMG ini nantinya. Hal tersebut dikarenakan AMG membuat mesin penggerak elektrik yang akan mereka gunakan dari nol.

Namun disebutkan bahwa Vision AMG akan membawa semua teknologi tercanggih milik Mercedes-Benz. Termasuk Motor Axial Flux yang masih dikembangkan Mercedes-Benz, dan juga baterai performa tinggi bertegangan tinggi dan juga berbagai teknologi berkendara lainnya.

AMG sendiri mengatakan bahwa Vision AMG ini hanyalah permulaan. Karena mereka berencana akan membuat lebih banyak mobil lagi yang menggunakan platform AMG.EA. Sehingga kemungkinan besar kita akan melihat lebih banyak konsep AMG yang mungkin lebih gila di masa depan.