Mobil Listrik Baru Mercedes-Benz Sukses Tempuh 1.000 Km Sekali Isi Daya

Article Header Image

Mobil Listrik Baru Mercedes-Benz Sukses Tempuh 1.000 Km Sekali Isi Daya

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Mercedes-Benz sempat memperkenalkan mobil konsep barunya Vision EQXX pada awal tahun ini. Mobil sedan ini sempat mendapat banyak perhatian dari para fans Mercy karena bentuknya yang unik dan sangat berbeda dari mobil Mercedes-Benz lainnya.

Namun ternyata bentuk yang bahkan berbeda dari lineup elektrik Mercedes-Benz lainnya ini memiliki fungsi khusus. Yaitu untuk menunjukkan kemampuan teknologi milik Mercedes-Benz yang nantinya akan digunakan pada model produksinya di masa depan.

Maka dari itu, Mercedes-Benz menargetkan Vision EQXX untuk menjadi mobil listrik pertama Mercy yang dapat mengkonsumsi daya 10 kW untuk per 100 Km-nya. Dan bahkan menjadi mobil pertama mereka yang mampu berjalan sejauh 1.000 km dalam sekali isi daya.

Guna membuktikan klaimnya, Mercedes-Benz menguji jalan langsung mobil ini dari Electrical Software Hub milik Mercedes-Benz yang ada di Sindelfingen, Germany menuju kota Cote d’Azur, Prancis.  Jarak yang ditempuh adalah sekitar 1.008 km dan diselesaikan dalam waktu 12 jam dan 2 menit.

Dengan desain aerodinamis dan juga baterai teknologi baru yang diusung, Vision EQXX berhasil menyelesaikan tantangan berat tersebut. Bahkan ketika tiba di titik akhir mobil ini masih memiliki sisa baterai sebesar 15 % yang diklaim masih dapat menempuh jarak hingga 140 km lagi.

Dengan pencapaian tersebut, Mercedes-Benz berhasil membuat Vision EQXX memiliki konsumsi energi hanya 8.7 kWh untuk per 100 km-nya. Membuatnya menjadi salah satu mobil listrik dengan konsumsi daya paling rendah yang pernah ada.

Hebatnya, pihak Mercedes-Benz tidak memaksa mobilnya untuk berjalan pelan untuk mendapatkan jarak paling maksimalnya. Sehingga mobil ini mampu melaju hingga 140 km/jam dengan kecepatan rata-rata pada 87,4 km/jam.

Kemudian untuk medan yang ditempuh selama uji jalan pun sangat bervariasi. Mercedese-Benz menjelaskan bahwa perjalanan tersebut melewati jalan bebas hambatan, jalanan gunung, jalan menanjak yang panjang, hingga jalanan padat.

Keberhasilan Vision  EQXX tersebut tidak terlepas dari kombinasi antara aerodinamis, bobot mobil yang ringan, baterai optimal, hingga teknologi penggeraknya. Ditambah lagi mobil ini memiliki 117 sel panel surya yang dapat memberikan sedikit tambahan daya ke mobilnya. Hasilnya energi dari panel surya ini berjasa untuk 2% dari perjalanan yang dilakukan atau sekitar 25 km.

Terakhir, ban yang punya rolling-resistance rendah juga menjadi pendukung tercapainya rekor ini. Mercy sendiri mempercayakan Bridgestone Turanza Eco sebagai kaki-kaki dari Vision EQXX selama tes ini berlangsung.

Pencapaian yang diraih oleh Vision EQXX ini nantinya bukan hanya untuk membuktikan klaim Mercedes-Benz. Namun juga menjadi data nyata yang dapat digunakan oleh tim pengembang Mercedes-Benz untuk mengembangkan teknologi-teknologi baru yang akan diterapkan pada mobil listrik masa depan Mercedes Benz.