Mercedes Luncurkan Versi AMG dari Mobil Listrik Flagship-nya

Article Header Image

Mercedes Luncurkan Versi AMG dari Mobil Listrik Flagship-nya

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Badge AMG tentunya menjadi status bagi mobil-mobil Mercedes-Benz yang telah dimaksimalkan performnya ke tingkat tertinggi. Dan hal tersebut ternyata juga diterapkan pada mobil-mobil listrik mereka.

Seperti yang telah ditunjukkan pada Munich Motor Show 2 bulan lalu, Mercedes akhirnya secara resmi merilis versi performa dari mobil listrik flagship-nya, yaitu AMG EQS 53.

Seperti namanya, mobil ini mengambil basis sedan elektrik mewah milik Mercedes dan memperilahkan tim AMG mereka untuk membuatnya lebih gahar. Hasilnya, mobil ini tampak lebih agresif dengan aksen krom vertikal di grille ala mobil-mobil AMG.

Untuk meningkatkan aerodinamika, AMG juga memasangkan front splitter, side sill panel, diffuser belakang, lip spoiler belakang yang lebih besar, serta pelek alloy khusus AMG berukuran 21 – 22 inci.

Di dalam, Mercedes tetap menyematkan hypercreen berukuran 56 inci yang memanjang di dashboard, AR heads-up display, jok kulit Nappa, surround sound system dari Burmester, Active Parking Assist, Driving Assitance Package Plus, AMG sound program, stir AMG dengan flat-bottom, dan juga kamera 360°.

Dari sini, Mercedes membagi AMG elektrik ini menjadi 2 tipe yaitu Night Edition yang dilengkapi dengan pelek AMG 21 inci,  serta opsi untuk melakukan upgrade ke AMG Performance Package yang terdiri dari rem karbon-keramik, AMG Dynamic Plus boost untuk race start, AMG Sound Experience, AMG Driver’s Package yang meningkatkan top speed mobilnya, AMG TRACK PACE, dan trim interior karbon fiber AMG.

Yang kedua adalah tipe Touring yang dilengkapi dengan pelek berukuran 22 inci, ambient lighting elegan di kabin, pilihan tambahan Rear Luxury Lounge Package yang mencakup jok kulit Nappa Eksklusif yang tersedia dalam beberapa warna, power reclining, headrest mewah, penghangat leher dan pundak, armrest, climate control terpisah, MBUX tablet, wireless charging, dan port UBS tambahan.

Mercedes AMG kini memberikan dual-motor elektrik berpenggerak semua roda (AWD) dengan total 484 kW dengan tenaga 649 daya kuda dan torsi 950 Nm. Dan dengan mengambil AMG Performance package, performa mobil ini melesat ke 560 kW dengan tenaga 751 daya kuda dengan torsi yang meningkat ke 1020 Nm.

EQS AMG ini juga kini dapat melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dengan top speed yang dibatasi pada 249 km/jam. Sebagai sumber dayanya, mobil ini menggunakan baterai jumbo 107.8 kWh yang mampu membuat semua versi mobil ini dapat menempuh jarak hingga 576 km.

Untuk harga, Mercedes-Benz membukanya mulai dari £154,995 atau sekitar Rp 2,94 miliar. Lebih mahal hampir 1,5 lipat dari harga EQS standar yang berada di harga £99,995 atau sekitar Rp1,9 miliar.

Bila pembeli mengambil opsi upgrade Performance Package ataupun Luxury Package maka mobil ini mencapai harga £163,900 atau menembus harga Rp 3,11 miliar. Membuat EQS AMG tipe tertinggi ini lebih mahal dari Porsche Taycan tipe tertinggi yang berada di harga £139,280 atau sekitar Rp 2,64 miliar.