Maruti Suzuki Dikabarkan Tengah Siapkan Konsep SUV elektrik

Article Header Image

Maruti Suzuki Dikabarkan Tengah Siapkan Konsep SUV elektrik

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Di tengah perlombaan mobil listrik yang semakin kencang, pabrikan mobil Jepang-India Maruti Suzuki juga tengah bersiap. Meskipun tidak sekencang pabrikan lainnya namun pabrikan berlogo S ini dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah SUV elektrik Suzuki.

Konsep baru ini dikabarkan akan ditampilkan pada India Auto Expo awal tahun depan. Meskipun sudah mendekati peluncurannya, namun sayangnya Suzuki belum membagikan banyak informasi.

CEO Maruti Suzuki, Hisashi Takeuchi menyebut bahwa Auto Expo 23 adalah kesempatan mereka untuk menunjukkan komitmen mereka. Terutama dalam bidang kendaraan masa depan yang berfokus pada teknologi dan aspek ramah lingkungan.

Takeuchi juga menyebutkan bahwa SUV akan menggunakan event tersebut untuk menyorot komitmen Suzuki terhadap masa depan yang lebih ‘bersih, hijau, berkelanjutan, dan juga netral karbon’. Tidak lupa konsep ini akan futuristis dan menangkap imajinasi para fans.

SUV elektrik Suzuki

Meskipun belum menawarkan lebih banyak detail mengenai mobil konsep elektriknya, namun Autocar India mendapat informasi bahwa mobil konsep listriknya ini akan berupa SUV kompak atau crossover elektrik yang tentunya memang disukai.

Maruti Suzuki sendiri sebelumnya telah memiliki dua SUV kompak yaitu Brezza dan juga S-Cross. Bila melihat tren di berbagai pabrikan, membuat salah satu model yang sudah ada menjadi elektrik adalah pilihan yang aman.

Dengan membawa salah satu model yang sudah dikenal tersebut, maka Maruti Suzuki tidak perlu memperkenalkan ulang mobilnya. Hal serupa juga telah digunakan oleh Suzuki ketika merilis varian hybrid dari MPV andalan mereka, Ertiga.

SUV elektrik Suzuki

Namun, Maruti Suzuki memang memiliki kesempatan untuk membuat model elektrik penuhnya ini menjadi eksklusif lewat model baru. Mengingat mereka juga hampir tidak memperkenalkan model baru dalam beberapa tahun.

Mobil konsep ini nantinya akan memiliki kode YY8 dan akan menjadi kelanjutan dari konsep prototipe Suzuki Futuro-e yang ditampilkan pada Auto Expo India 2020 silam. Mobil ini nantinya juga akan didapuk sebagai basis model untuk mengembangkan opsi hybrid dll.

Ada info lain yang menyebutkan bahwa versi produksi dari konsep SUV elektrik Suzuki ini merupakan kolaborasi dengan Toyota. Yang tentunya bukan hal yang mengejutkan mengingat keduanya juga saling mengeluarkan produk kolaborasi maupun sekedar rebadge.

SUV elektrik Suzuki

SUV elektrik Suzuki