Lexus Akhirnya Luncurkan RZ 450e, Versi Mewah Toyota bZ4X

Article Header Image

Lexus Akhirnya Luncurkan RZ 450e, Versi Mewah Toyota bZ4X

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Masuk ke dalam keluarga besar Toyota membuat Lexus menjadi brand terakir yang mengeluarkan versi pemungkas dari satu model mobil. Dan hal tersebut yang sepertinya mereka lakukan terhadap crossover elektrik Toyota bZ4X.

Toyota secara resmi telah meluncurkan versi produksi dari bZ4X beberapa bulan lalu. Kemudian diikuti oleh Subaru yang menggunakan basis dan bentuk serupa yang diberi nama Solterra. Dan kini akhirnya Lexus meluncurkan versinya sendiri yang disebut Lexus RZ 450e.

Sebagai model pertama yang menggunakan platform baru khusus mobil listrik Toyota yaitu e-TNGA, RZ 450e memang memiliki proporsi yang masih mirip dengan saudara-saudaranya. Namun seperti biasa, Lexus tidak ingin tampil sama.

Desain konsepnya sendiri sebenarnya telah ditunjukkan pada Desember lalu saat Toyota dan Lexus mengumumkan 15 mobil listrik konsepnya. Dan Lexus RZ menjadi salah satu yang terlihat jelas untuk siap diproduksi.

Versi produksinya sendiri tidak membawa banyak perubahan pada sisi desain. Namun Lexus kini memberikan laburan warna dual tone dengan bagian atap hingga kap depan berwarna hitam.

Kombinasi warna tersebut membuat RZ 450e tampil berbeda dari saudara-saudaranya sekaligus membuat mobilnya tampil lebih mewah. Mobil ini sendiri sebenarnya merupakan versi produksi dari konsep LF-Z Electrified.

Namun tentunya banyak perombakan yang dilakukan pada konsep tersebut untuk dapat masuk ke jalur produksi termasuk penyesuaian terhadap basis Toyota bZ4x yang digunakan.

Perubahan lain yang cukup berbeda signifikan adalah bagian kabin. Interior futuristis milik bZ4x kini dibuat menjadi lebih mewah oleh Lexus. Beberapa tombol yang ada pada dashboard tengah juga dibuat lebih minimalis.

Selain itu, kabin RZ 450e juga dilengkapi dengan ambience light yang akan berpendar dari pola-pola tersembunyi yang ada pada sisi-sisi pintu.

Lexus bahkan memberikan opsi lingkar kemudi bergaya “Yoke” ala kendaraan film fiksi ilmiah layaknya Tesla. Meskipun kemugkinan besar pembeli tetap akan memilih setir bulat tradisional.

Untuk masalah keselamatan, Lexus menyertakan Lexus Safety System+ 3.0 suite dengan ADAS yang termasuk Pre-Collision System dan Dynamic Radar Cruise Control yang akan mengambil feedback dari sistem monitor pengendara.

Masalah penggerak, RZ 450e datang secara standar dengan dual motor yang menghasilkan 150 kW (201 daya kuda) di depan dan 80 kW (107 daya kuda) di belakang.

Dengan total tenaga 230 kW atau 309 daya kuda dan 435 Nm, tenaga dari Lexus RZ 450e memiliki tenaga yang jauh lebih besar ketimbang saudara-saudaranya.

Tenaga tersebut memungkinkan mobil ini untuk melaju dari 0-100km/jam dalam 5,6 dettik. Sayangnya seperti pada mobil listrik pada umumnya, kecepatannya dibatasi pada 160 km/jam.

Masalah sumber daya, Lexus menyematkan 96 sell baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Yang membuat mobilnya mampu menempuh jarak antara 400-450 km. Sayangnya angka tersebut lebih rendah ketimbang bZ4X yang bisa menempuh jarak hingga 470 km.

Lexus sendiri telah membuka reservasi online untuk RZ 450e telah dibuka. Sayangnya harga untuk mobil ini belum diumumkan namun kemungkinan akan di atas trim tertinggi bZ4X yang berada di harga $48.780 atau sekitar Rp700 jutaan.