Lawan Tesla, Geely Luncurkan Brand Mobil Listrik Premium “Zeekr”

Article Header Image

Lawan Tesla, Geely Luncurkan Brand Mobil Listrik Premium “Zeekr”

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Kepopuleran Tesla sebagai salah satu brand mobil listrik premium di China kelihatannya membuat pabrikan lokalnya mulai kebakaran jenggot. Tesla sendiri memang menempati posisi 2 dan 3 mobil listrik paling laris di sana. Dan untuk melawan hal ini, salah satu brand internasional mereka – Geely akhirnya mengumumkan akan meluncurkan brand mobil listrik premium baru.

Dikabarkan oleh sumber yang tidak ingin disebut namanya di Reuters (via CarScoops), Sub-brand baru tersebut sendiri akan diberi nama Zeekr dan akan beroperasi dengan Lingling Technologies, yang merupakan anak perusahaan lain dari Geely.

Dalam laporan yang sama, dikabarkan juga bahwa duo tadi akan bertanggung jawab dalam hal riset dan implementasi update terhadap semua arsitektur mobil listrik milik Geely dan mengembangkan strategi mobil listrik lewat brand-brand mereka.

Zeekr sendiri akan menjadi brand mobil listrik premium dan high-end yang memang diposisikan untuk melawan Tesla serta Mercedes. Penjualan Tesla sendiri memang jauh meningkat di China akhir-akhir ini. Dan Geely pun akhirnya juga mengadopsi salah satu strategi dari Tesla yaitu dengan menggunakan showroom-showroom milik mereka yang ada di pusat kota untuk menjual mobil dengan harga yang “fix”.

Mobil baru ini juga akan menggunakan sasis kendaraan listrik open-source mereka yang disebut Sustainable Experience Architecture (SEA) yang mereka klaim lebih serba guna dan efisien. Geely sendiri menjanjikan bahwa mobil yang dibuat dengan platform SEA mereka tersebut mampu menampung motor listrik hingga 110 kWh, dan menempuh jarak hingga 700 km.

Geely sendiri sebenarnya sudah memiliki sub-brand mobil listrik, meskipun tidak di China yaitu Polestar yang merupakan anak perusahaan dari Volvo yang dimiliki Geely.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!