Toyota Kenalkan Konsep Kijang Innova Elektrik di IIMS2022

Article Header Image

Toyota Kenalkan Konsep Kijang Innova Elektrik di IIMS2022

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Setelah sebelumnya Toyota Indonesia mengatakan bahwa mereka akan mempersiapkan Kijang Innova hybrid, kini mereka langsung membuat kejutan dengan menampilkan secara perdana Toyota Kijang Innova EV Concept.

Mobil konsep ini ditampilkan oleh Toyota pada gelaran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang mulai berlangsung hari ini (31 Maret) dan akan berjaan hingga 10 April 2022 mendatang di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta.

Terlihat dari tampilannya, mobil ini tetap menggunakan basis dari versi bensin dari Toyota Kijang Innova Reborn. Namun Toyota memberikan beberapa ubahan desain untuk memperkuat kesain elektriknya. Yang terlihat jelas tentu pada grille depan yang kini menjadi tertutup dengan desain mengarah ke desain milik Toyota bZ4X.

Sayangnya, meskipun mobil ini sudah siap dikendarai, namun Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan bahwa penggunaan Innova EV ini baru sekadar kepentingan studi dan sosialisasi. Karena mobil ini juga telah dapat di tes kemudi di Arena IIMS.

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat. Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik,” ungkap Henry.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik, mereka nantinya dapat mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia ke depannya.

    Toyota Kijang Innova EV Concept ini sendiri kini menjadi mobil dengan brand nasional pertama yang dirancang sepenuhnya menggunakan listrik sebagai sumber daya penggeraknya. Dan harapannya mobil ini dapat meningkatkan popularitas kendaran listrik kepada masyarakat Indonesia.

    Toyota Indonesia memang tidak membeberkan banyak detail mengenai Innova EV Concept ini, terutama mengenai spesifikasi yang akan diusung serta kisaran harga yang akan dibanderol nantinya semisal mobil ini diproduksi di masa depan.

    Namun dalam hitungan yang mengacu pada Permenperin No. 6/2022 mengenai Peta Jalan dan Spesifikasi Kendaraan Bermotor Listrik maka versi elektrik Innova ini kemungkinan akan mendapat kenaikan harga sekitar Rp100 jutaan dibandingkan versi bensinnya.

    Sehingga bila disesuaikan dengan harga pasarannya sekarang yang berada di antara harga Rp 355.000.000 hingga Rp 450.000.000 maka versi elektriknya kemungkinan ada di harga Rp 455.000.000 hingga Rp 550.000.000.