Hyundai Ioniq 5 Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik Tahun 2022

Article Header Image

Hyundai Ioniq 5 Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik Tahun 2022

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Seperti banyak bidang lain yang memiliki ajang penghargaan tahunannya, dunia otomotif memiliki World Car Awards yang akan memberikan penghargaan kepada mobil-mobil terbaik selama setahun ke belakang.

Tahun 2022 sendiri kelihatannya menjadi tahun terbaik bagi Hyundai Ioniq 5 yang berhasil memenangkan beberapa penghargaan, termasuk penghargaan paling bergengsi pada acara tersebut yaitu World Car of the Year 2022. Acara tersebut diadakan bersamaan dengan New York International Auto Show (NYIAS) yang sedang berlangsung.

Kemenangan Hyundai Ioniq 5 merupakan keputusan dari 102 jurnalis otomotif dari seluruh dunia yang memberikan suaranya secara tertutup. Mobil tersebut juga berhasil mengalahkan 27 mobil lainnya dari seluruh dunia.

Beberapa saingan utama dari Ioniq 5 dalam babak final antara lain Ford Mustang Mach-E dan juga sang saudara Kia EV6. Cukup unik melihat bahwa 3 besar kandidat mobil terbaik tahun ini didominasi oleh mobil listrik. Menunjukkan bahwa kepopuleran mobil listrik kini telah mulai menyaingi mobil konvensional.

Kembali ke Hyundai Ioniq 5, selain gelar tertinggi mobil ini juga memenangkan dua penghargaan lainnya. Yaitu World Electric Vehicle of the Year 2022 dan juga World Car Design of the Year 2022.

President dan CEO Hyundai Jaehoon Chang menyebut bahwa Ioniq 5 mewakili pencapaian penting bagi Hyundai. Mereka mengklaim bahwa Hyundai merupakan pelopor generasi baru bagi solusi mobilitas cerdas dan juga teknologi platform E-GMP.

“Mobil listrik ‘pengubah permain’ kami telah memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan kesadaran lingkungan sekaligus minat konsumen di seluruh dunia.” ujar Chang.

Chang juga menjelaskan bahwa visi perusahaan mereka adalah memberdayakan Kemajuan untuk Kemanusiaan. Dan penghargaan tersebut merupakan satu bentuk dukungan kepada Hyundai untuk memperkuat komitmen mereka di pasar mobil listrik.

Untuk dapat masuk ke menjadi nominasi Mobil Terbaik Tahun ini, Hyundai harus telah memproduksi mobilnya setidaknya 10.000 unit per tahun. Selain itu harga yang dibanderol harus berada di bawah level mobil mewah terutama untuk pasar utama mereka.

Hyundai Ioniq 5 sendiri di Indonesia kini hanya menunggu waktu hingga akhirnya dirilis. Hyundai Motors Indonesia bahkan telah membuka keran pemesanan, meskipun harga jual resmi dari mobil ini belum diumumkan.