Honda N-Van EV, Kei Car Serbaguna Cocok untuk Indonesia?

Article Header Image

Honda N-Van EV, Kei Car Serbaguna Cocok untuk Indonesia?

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Di Indonesia dan Asia Tenggara, Honda mungkin menjadi pabrikan yang masih belum memperkenalkan produk elektriknya. Padahal seperti di negara asalnya Jepang, Honda baru saja mengumumkan sebuah van elektrik komersil baru yang diberi nama Honda N-Van EV.

Mobil listrik ini menjadi jawaban Honda terhadap mobil listrik serbaguna serupa yang sebelumnya ada seperti Mitsubishi eK XEV dan juga Nissan Sakura yang sudah terlebih dahulu diluncurkan. N-Van sendiri sudah eksis sejak 2018, hanya Honda baru meluncurkan varian elektriknya sekarang.

Berbeda dengan Mitsubishi dan Nissan yang membuat van kei-car-nya tersebut stylish, N-Van EV ini tampil sangat mendasar. Bentuknya hampir mengotak penuh dengan desain yang sederhana. Bahkan desainnya tidak se-stylish versi bensinnya.

Di versi bensin mobil ini telah menggunakan lampu proyektor, namun di versi elektrik hanya lampu bohlam biasa. Desain grille dari versi elektrik ini juga sangat mendasar dengan hanya ditutup plastik hitam. Serta desain bumper depan yang sederhana dan tanpa lampu kabut.

honda n-van
Honda N-Van EV
Honda N-Van bensin

Tampilannya terlihat semakin ekonomis dengan penggunaan pelek kaleng dan juga spion yang tidak dicat. Namun semua pemangkasan tersebut memang dilakukan Honda untuk dapat membuat mobil listrik ini bisa menjadi kendaraan niaga.

Kabin dari N-Van EV ini bahkan bisa dibuat rata lantai kecuali sisi pengemudi untuk dapat mengakomodasi banyak barang. Uniknya, mobil ini tidak memiliki pilar B di sisi penumpang, sehingga pengguna dapat memasukkan barang dengan ukuran besar dengan mudah.

Harga yang ditawarkan untuk Honda N-Van EV ini adalah 1 juta Yen atau sekitar Rp 117 juta saja. Cukup menggiurkan karena harga tersebut hanya separuh dari harga dari rivalnya di Mitsubishi dan Nissan yang sama-sama ditawarkan di harga Rp200 jutaan.

honda n-van

Untuk harga yang cukup terjangkau tersebut, pengguna akan mendapatkan sebuah van elektrik serbaguna yang dapat digunakan untuk bisnis komersial maupun digunakan sehari-hari. Apalagi kabin yang dimiliki mobil ini cukup lapang dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Honda memang masih belum mengumumkan spesifikasi dari N-Van EV ini secara mendetail. Ukuran mobil ini terbilang kompak dengan panjang 3,395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.950 mm. Untuk jarak tempuh, Honda menjanjikan jarak tempuh setidaknya 200 km dari mobil listrik ini.

Apakah PT Honda Prospect Motor nantinya perlu memboyong mobil listrik serbaguna ini ke Indonesia? Mengingat harga yang ditawarkan cukup menggiurkan, apalagi bila Honda mampu merakit mobil ini secara lokal.