Honda Dikabarkan tengah Kembangkan Teknologi Autopilot untuk Motor

Article Header Image

Honda Dikabarkan tengah Kembangkan Teknologi Autopilot untuk Motor

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Sistem autopilot atau otonomus pada mobil mungkin bukan hal yang aneh sekarang. Namun beda cerita bila menceritakan bahwa sistem tersebut diaplikasikan kepada motor.

Motor memang lebih membutuhkan ketangkasan pengemudinya untuk dikendarai, sehingga akan sangat rumit untuk mengembangkan teknologi autopilot-nya.

Tetapi bukan berarti teknologi tersebut tidak mungkin, karena Honda kini disebut tengah mengembangkan teknologi autopilot untuk motor mereka di masa depan.

Raksasa roda dua asal Jepang ini ingin teknologi akselerasi, pengereman, dan bahkan pengemudian otomatis tersebut bisa dibawa ke produk roda dua mereka. Terutama untuk hal yang berhubungan dengan keamanan berkendara roda dua.

Teknologi semi-otonomus yang kini diterapkan di mobil-mobil modern memang terbukti efektif untuk memberikan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan. Apalagi Honda memang menjadi salah satu pionir teknologi tersebut pada mobil-mobil premium mereka.

Teknologi adptive cruise control pada motor BMW

Beberapa pabrikan roda dua lain seperti BMW, Ducati, KTM, dan bahkan Kawasaki sebenarnya sudah selangkah lebih maju. Karena mereka sudah mulai mengaplikasikan teknologi adaptive cruise control berbasis radar pada beberapa motor mereka.

Namun, dalam beberapa paten yang sudah ada, Honda telah mendaftarkan beberapa teknologi berbasis radar yang nantinya akan diaplikasikan pada model-model premium mereka seperti Gold Wing dan Africa Twin. Teknologi yang dipatenkan tersebut sama seperti lainnya yang memiliki fungsi utama untuk memperlambat atau mempercepat motor berdasarkan bacaan radar.

Tetapi Honda meningkatkan level otonomusnya dengan mengkombinasikan teknologi adaptive crusie control tersebut dengan teknologi Riding Assist milik Honda. Teknologi Riding Assist sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan motor Honda untuk menyeimbangkan dirinya sendiri terutama di kecepatan rendah.

Bahkan, dalam presentasi yang telah ditunjukkan Honda beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa motor tersebut dapat menyeimbangkan diri meskipun tidak ada pengendara di atasnya.

Sekarang, Honda mengabungkan dua teknologi tersebut ke dalam satu paten yang berjudul “Drive Assistance Device for a Saddle Riding Type Vehicle,”. Teknologi tersebut menggabungkan kamera, radar, dan LiDAR untuk membentuk gambaran 3 dimensi di sekitar motor.

Paten Honda untuk teknologi otonomus pada Honda Africa Twin
Ilustrasi implementasi teknologi otonomus untuk menghindari motor dari belakang (kiri), mengambil sudut terbaik saat menikung (tengah), dan memposisikan saat berada dalam rombongan (kanan)

Sensor juga disematkan di berbagai bagian motor termasuk kemudi yang akan dilengkapi dengan steering servo yang membuat motor dapat menghalau pergerakan dari luar semisal lubang atau polisi tidur sekaligus membantu pengendara bermanuver lebih mudah.

Selain itu akan ada sensor tekanan pada jok motor, handelbar grip, dan juga pijakan kaki. Sensor tersebut untuk memberitahu sistem komputer bahwa pengendara berada di posisi berkendara penuh. Ditambah dengan kamera di spedometer yang akan memonitor postur dan distribusi bobot saat berkendara.

Pada akhirnya teknologi otonomus pada motor ini disebut jauh lebih kompleks daripada yang ada pada mobil. Hal ini dikarenakan banyaknya kemungkinan dan fleksibilitas yang harus diketahui oleh sistem. Begitu pula pengaplikasian sistemnya yang tidak akan tiba dalam waktu dekat. Karena Honda menyebutkan bahwa ini adalah proyek jangka panjang mereka.