Honda Berencana Bawa Motor Mereka Menjadi “Zero Emission” pada 2050

Article Header Image

Honda Berencana Bawa Motor Mereka Menjadi “Zero Emission” pada 2050

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Pabrikan Jepang Honda tentunya memang sudah menjadi salah satu perusahaan otomotif yang peduli terhadap teknologi dan lingkungan sejak bertahun-tahun. Dan kini mereka membuat goal baru kembali dengan menargetkan untuk membawa seluruh produk mereka termasuk motor dan mobil 100% ramah lingkungan.

Hal tersebut sendiri diutarakan oleh sang CEO Toshihiro Mibe pada pidatonya pada 23 April 2021 lalu. Dikutip dari RideApart, Honda menargetkan semua produk globalnya sudah tidak lagi memproduksi karbon pada 2050.

Rencana Honda dalam meng-‘hijaukan’ line up motornya

Untuk mengejar target tersebut Honda pun berencana untuk mengekspansi line-up kendaraan elektrik roda dua maupun roda empatnya. Serta memasarkan lebih luas lagi battery pack mereka – Honda Mobile Power Pack ke lebih banyak kendaraan listrik.

Honda sendiri akan memfokuskan perkembangan mobil masa depannya ke 2 tipe yaitu kendaraan listrik murni dan juga kendaraan fuel-cell. Pasar Amerika Serikat sendiri menjadi salah satu target utama pemenuhan target ini dimana mereka menarget bahwa pada 2030 mendatang Honda sudah dapat memasok 40% kendaraannya ke 2 kategori tadi.

Honda Mobility Power Pack

Sedangkan untuk sepeda motor, Honda ternyata malah memiliki cukup banyak rencana termasuk pengembangan biofuel, elektrifikasi produk roda 2 mereka, dan juga mengimprovisasi efisiensi bahan bakar untuk rencana jangka pendeknya.

Sebelumnya, Honda sendiri dikabarkan telah membuat kerja sama dengan pabrikan motor lain seperti Yamaha, Piaggio, dan KTM untuk mengembangkan baterai universal yang dapat dipasang-lepas untuk merek-merek tadi. Dan untuk sepeda motor listrik sendiri, Honda kelihatannya juga tengah mengembangkan sebuah motor listrik bergaya “Grom”.

Paten motor listrik honda yang mirip dengan Honda Grom

Sayangnya, dalam kesempatan tersebut Honda tidak membahas lebih lanjut mengenai tahun pelaksanaan transformasi sepeda motornya. Namun melihat bukti-bukti di atas, kelihatannya tidak akan lama hingga Honda akhirnya mulai memberikan perhatian penuh untuk produk motor listriknya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!