Hennessey Ingin Buat Mobil Listrik Super Beroda 6 Seharga Rp 43 Miliar

Article Header Image

Hennessey Ingin Buat Mobil Listrik Super Beroda 6 Seharga Rp 43 Miliar

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Rumah modifikasi asal Amerika Serikat, Hennessey memang terkenal dengan membuat mobil-mobil super gila. Sebut saja seperti Hennessey Venom GT dan Hennessey VelociRaptor SUV. Kini, Hennessey mengumumkan bahwa mereka akan membuat proyek mobil listrik dengan nama “Project Deep Space”.

Bisa ditebak proyek ini tidak kalah gila dengan proyek-proyek Hennessey sebelumnya. Mobil ini diklaim akan menjadi sebuah “Hyper GT”, karena mobil ini nantinya akan bermain di kelas yang berbeda dengan 6 motor elektrik yang masing-masing akan menggerakkan satu roda. Sang CEO, John Hennessey bahkan mengklaim bahwa mobil ini akan memiliki tenaga lebih dari 2.000 daya kuda.

“Saya telah membangun beberapa mobil dengan akselerasi tercepat yang ada di dunia dalam beberapa tahun terakhir, tetapi performanya selalu dibatasi oleh mesin yang ada,” Ungkap sang CEO. “Motor listrik enam roda adalah solusinya. Teknologi ini belum pernah digunakan di segmen ini sebelumnya.”

Dengan enam motor listrik yang menggerakkan enam roda, mobil ini tentunya menjadi sangat panjang. Diperkirakan panjangnya akan mencapai 6 meter, dan dapat menampung 4 orang. Namun tidak dengan konfigurasi 2+2 seperti pada mobil umum, mobil ini mengadopsi konfigurasi berlian. Membuat pengendaranya akan berada di tengah dan paling depan, dan penumpangnya berada di sisi samping dan belakang.

Karena konsep ini bisa dibilang benar-benar baru termasuk dalam hal enjiniring, maka Hennessey harus mengembangkan mobil ini dari nol. Mobil ini menggunakan sasis dan panel bodi dari karbon fiber untuk dapat menjaga mobilnya tetap ringan. Selain itu panjang 6 meter serta pintu gullwing yang ingin digunakan oleh Hennessey juga membutuhkan perhitungan baru.

Namun Hennessey tetap optimis dapat merealisasikan mobil hyper-elektriknya tersebut. Bahkan mereka percaya mobil tersebut dapat menjadi mobil dengan akselerasi tercepat dari nol ke 322 km/jam di dunia. Project Deep Space ini disebut akan siap diproduksi pada 2026 mendatang. Dan akan membutuhkan dana sebesar $3 juta atau Rp 43 miliar untuk mengerjakan proyek ambisius ini.