Genesis X Speedium Coupe, Mobil Sport Listrik Bergaya Fastback yang Tetap Mewah

Article Header Image

Genesis X Speedium Coupe, Mobil Sport Listrik Bergaya Fastback yang Tetap Mewah

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Dengan kesuksesan yang diperoleh Hyundai di pasar mobil listrik, tidak mengherankan bila kini sub-brand mewah mereka yaitu Genesis mulai mengejar. Genesis pun kini muncul dengan mobil listrik konsep baru yaitu Genesis X Speedium Coupe.

Diperkenalkan pertama kali di Genesis House New York, Amerika Serikat, mobil ini menjadi kelanjutan pengembangan konsep mereka tahun lalu yaitu Genesis X. Sedangkan konsep baru ini untuk menunjukkan bahasa desain styling yang nantinya bisa dieksplorasi oleh mobil-mobil listrik masa depan Genesis.

Beberapa ubahan bentuk diusung oleh brand mewah asal Korea ini. Yang paling utama tentu adalah bentuk atapnya yang kini lebih melandai ke belakang. Membuat proporsi mobil ini berubah dari coupe konvensional di tahun lalu menjadi fastback atau bahkan mirip shooting-brake.

Genesis X concept (2021) atas – Genesis X Speeedium Coupe (2022) bawah

Fascia depan dari mobil ini juga mendapat perombakan yang cukup signifikan. Grille segitiga milik Genesis yang awalnya berongga-rongga kini diubah menjadi tertutup layaknya mobil listrik pada umumnya. Dua buah lampu depan LED yang awalnya berhenti di grille kini mengikuti garis di sekeliling grille.

Di sisi samping, selain perubahan pada atap Genesis juga memberikan penyegaran terhadap pelek yang sebelumnya memang tampak terlalu konvensional dengan 5 palang. Kini peleknya diganti dengan pelek desain baru palang 10 yang membuatnya terlihat lebih sporty dan modern.

Pada bagian belakangnya Genesis kini menambahkan sebuah ducktail besar untuk memberikan tambahan downforce pada mobilnya. Bumper belakangnya kini juga diperbarui dengan diffuser yang lebih sporty.

“Kami memberikan setiap elemen desainnya ruang untuk bernapas. Ini bukan tentang membuat elemen desain bersaing satu sama lain, namun membuat semua elemennya berkokestra sehingga mereka saling melengkapi dan menghormati.” ujar Luc Donckerwolke, Genesis Chief Creative Officer.

Sayangnya Genesis tidak menjelaskan lebih mendetail mengenai konsep terbarunya ini dan bagaimana kemungkinan mobil ini diproduksi. Namun mobil ini disebut sebagai “momen buka pintu” bagi Genesis menuju masa depan mobil listrik.

Luc menjelaskan bahwa mobil ini bukanlah hanya konsep untuk pameran, namun merupakan proses desain Genesis saat mereka mengeksplorasi ide-ide untuk gelombang mobil listrik mereka selanjutnya.

Genesis sendiri memang cukup totalitas memasuki pasar mobil listrik. Mereka menyebut akan memiliki 6 model mobil listrik yang akan diluncurkan hingga 2030 mendatang. Crossover GV60 akan menjadi yang pertama mengaspal dan mungkin saja X Speedium Coupe akan menjadi yang selanjutnya.