Formula E Perdana Jakarta Berjalan Seru dan Lancar. Jokowi Berharap Pengguna EV Makin Banyak

Article Header Image

Formula E Perdana Jakarta Berjalan Seru dan Lancar. Jokowi Berharap Pengguna EV Makin Banyak

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Tahun ini kelihatannya menjadi tahun yang bersejarah bagi event balapan di Indonesia. Setelah sukses mengadakan WSBK dan Moto GP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kini Indonesia menambah satu lagi kesuksesannya melalui Formula E.

Dilaksanakan di  Jakarta International E-Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, event yang berjalan pada Sabtu 4 Juni 2022 ini telah berjalan dengan lancar. Presiden Joko Widodo pun mengucapkan rasa syukurnya karena semua berjalan dengan lancar dan baik.

Presiden Jokowi sendiri ikut memberikan trophy kepada para pemenang perdana balap Formula E Indonesia tersebut. Tercatat, yang tercepat dan berhasil menjadi juara perdana untuk Formula E Jakarta ini adalah Mitch Evans dari tim Jaguar TCS Racing.

Image Credit: @setkabgoid

Di posisi kedua ada Jean-Eric Vergne dari tim DS Techeetah sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh Edoardo Mortara dari tim Venturi Racing. Ketiganya sendiri melakukan balapan yang cukup ketat dan intens dari awal. Dan semakin ketat saat Mitch mencuri podium dari Vergne pada lap ke 31.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa kesuksesan Formula E merupakan hasil dari persiapan yang matang, detail, dan komprehensif. Anies menegaskan bahwa poin persiapan atau planning merupakan kunci utamanya.

Gubernur Anies juga menuturkan bahwa Jakarta E-Prix ini dipersembahkan untuk kebanggaan Ibu Pertiwi, Indonesia. Sekaligus sebagai salah satu bentuk kesiapan Jakarta untuk ambil bagian dalam mengantisipasi perubahan iklim dan menyelamatkan lingkungan.

Image credit: @Envision_Racing

Hal tersebut karena penyelenggaraan Formula E di Jakarta ini bukan hanya sekedar balapan, namun juga kampanye ramah lingkungan.  Terutama karena Jakarta juga memiliki kampanye Jakarta Langit Biru yang terus didorong.

Pelaksanaan Formula E di Jakarta ini sendiri telah mengalami perjalanan yang cukup panjang, namun sekaligus juga mengalami pengerjaan yang sangat cepat.

Bagaimana tidak proyek ini sebenarnya telah diumumkan sejak 2019 lalu ketika Gubernur Anies menyebut bahwa Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap Formula E. Pada saat ini area Monumen Nasional atau Monas sempat dijadikan alternatif lokasi.

Organisasi FIA World Motor Sport Council pun akhirnya resmi menetapkan jakarta sebagai tuan rumah pada akhir 2021. Yang kemudian baru menetapkan bahwa sirkuit akan dibangun di kawasan Pantai Ancol.

Pembangunan sirkuit Ancol sendiri baru dimulai pada bulan Februari 2022 kemarin. Yang berarti sirkuit ini dikerjakan hanya dalam waktu kurang lebih 4 bulan saja. Namun untungnya, semua target pembangunan tersebut dapat selesai tepat waktu.