Formula E Ungkap Mobil Gen3, Bawa Ubahan Desain Radikal Namun Lebih Bertenaga

Article Header Image

Formula E Ungkap Mobil Gen3, Bawa Ubahan Desain Radikal Namun Lebih Bertenaga

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Setelah sebelumnya telah banyak diantisipasi oleh para fansnya, Formula E akhirnya mengungkap mobil balap baru mereka yang akan digunakan pada musim 2023 mendatang. Dan dalam pandangan pertama, mobil tersebut tampak menakjubkan!

Bagaimana tidak, Spark Racing Technology (SRT) yang bertanggung jawab untuk mengembangkan mobilnya memberikan ubahan yang cukup signifikan terhadap mobil Formula E Gen3 tersebut. Secara keseluruhan, mobil baru ini tampak lebih ringan dan lincah daripada generasi sebelumnya.

Namun ternyata, mobil ini memiliki tenaga 40% lebih besar dengan kecepatan puncak 15% ebih tinggi dari generasi sebelumnya. Pemangkasan berbagai bagian bodi mobilnya juga efektif mengurangi bobot mobilnya hingga 60kg.

Dari atas, bodi mobil Formula E ini tampak lebih kompak dengan siluet bodi segitiga yang nampak cukup tegas. Garis-garis fluid pada Gen2 juga kini digantikan dengan garis-garis tajam yang membuat mobilnya tampak lebih kencang.

Dalam pengenalannya pada hari Kamis (28/4), bertepatan dengan datangnya Monaco E-Prix mobil ini disebut memiliki desain yang terinspirasi dari pesawat jet. Selain itu, mobil baru ini kini juga didesain untuk dapat melahap sirkuit jalanan. Maka dari itu mobil ini lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Dengan semua perubahan tersebut, mobil ini akan menjanjikan kemampuan manuver di sirkuit jalanan dengan lebih lincah. Meskipun begitu, para pengemudi nantinya dituntut tetap waspada. Karena mobil Gen3 ini kini tidak memiliki pelindung pada bagian rodanya.

Hal ini membuat resiko kontak antar roda dengan pembalap lain kembali hadir. Sehingga para pengemudi harus mengemudi dengan mental terbaiknya agar mobil mereka tetap utuh hingga akhir balapan.

Seperti yang telah dibahas di awal, bahwa mobil Gen3 ini akan memiliki performa yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Formula E bahkan menyebut mobil ini sebagai “Mobil balap paling bertenaga, teringan, dan tercepat saat ini”.

Di belakang pengemudi, ada motor listrik yang memiliki tenaga 350 kW atau 470 daya kuda yang dapat meluncurkan mobilnya hingga kecepatan maksimal 320 km/jam. Selain itu mobil ini juga memiliki teknologi regenerasi pengereman hingga 600 kW, membuatnya dapat mendaur ulang energi hingga 40%.

Selain itu, Formula E Gen3 ini juga menggunakan roda baru yang kini dipasok oleh Hankook. Menggantikan Michelin yang telah memasok bannya sejak 8 tahun lalu. Ban baru ini dibangun dengan setidaknya 25% karet natural dan juga fiber daur ulang.

Selain ban, bisa dibilang banyak bagian dari mobil ini bersifat ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Seperti bodi mobilnya yang akan dibuat dari linen dan karbon fiber daur ulang. Semua suplier komponen Formula E juga harus memenuhi standar ISO 14001 dan juga akreditasi lingkungan dari FIA.

Bahkan hal yang sama juga berlaku untuk baterai baru yang dikembangkan oleh Williams Advanced Engineering. Meskipun FIA belum mengumumkan berapa kapasitas baterai yang digunakan pada mobil baru ini, namun mereka dimaksudkan untuk didaur ulang ketika musim balapannya berakhir.