Ford Akhirnya Meluncurkan Truk Pikap Elektrik Pesaing Cybertruck – Ford F-150 Lightning

Article Header Image

Ford Akhirnya Meluncurkan Truk Pikap Elektrik Pesaing Cybertruck – Ford F-150 Lightning

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Pasar mobil listrik di Amerika Serikat kelihatannya semakin memanas di tahun 2021 ini. Dan berbeda dengan pasar Eropa dan Asia yang dipenuhi dengan mobil berjenis city car atau compact SUV, produsen otomotif Amerika Serikat tengah berlomba-lomba untuk memproduksi truk SUV elektrik.

Jeep dengan Wrangler Magneto, Hummer yang kembali dengan versi elektriknya, dan sekarang Ford baru saja memperkenalkan mobil truk pikap terbarunya yaitu F-150 Lightning. Dan seperti nama dan penampilannya, mobil ini adalah versi elektrik dari truk pikap andalan mereka F-150.

Namun tidak sekedar ganti mesin, F-150 Lightning ini juga mendapat beberapa perubahan desain untuk mendukung jiwa elektriknya. Seperti pada bagian depan, grille besar yang dimiliki F-150 kini tertutup semuanya dengan plastik berwarna hitam doff. Kemudian DRL LED baru kini memanjang di atas grille menyambung mulai dari lampu depan bagian kanan hingga ke kiri.

Bagian belakang juga mendapatkan perlakuan serupa dengan penambahan DRL LED pada bagian tutup baknya yang menyambungkan lampu belakang kanan dan kiri. Secara desain pun lampu depan dan belakang mengalami pembaruan agar terlihat lebih futuristis meskipun secara bentuk dudukan lampu masih sama.

Yang unik dan juga merupakan pencapaian yang berhasil diraih oleh Ford adalah mereka berhasil membuat bagian depan F-150 Lightning ini menjadi sebuah bagasi penuh. Bukan sekedar kompartemen kecil yang biasanya digunakan untuk menyimpan sedikit barang. Bagian depan yang awalnya mesin ini kini menjadi bagasi penuh dengan kapasitas 400 liter yang mampu menahan beban hingga 180 kg.

Interior dari mobil ini masih mengadopsi mayoritas desain dan part dari versi bensinya. Hanya saja, karena mobil ini ditujukan untuk melawan Tesla Cybertruck. Maka mobil ini juga menyematkan layar super besar berukuran 15,5 inci di konsol tengahnya. Bentuknya sendiri hampir menyerupai layar yang ada pada Mustang Mach-E.

Membicarakan masalah tenaga, Ford F-150 Lightning ini akan dilengkapi dengan dual motor listrik dengan pilihan mulai antara 317 kW yang menghasilkan 426 tenaga kuda, dan juga 420 kW yang akan menghasilkan 563 tenaga kuda. Kedua motor listrik ini menghasilkan torsi yang sama yaitu 1.050 Nm. Membuat mobil ini mampu melaju dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 4 detik.

Ford sendiri sayangnya tidak mengatakan berapa besar baterai yang dipasangkan pada F-150 Lightning ini, namun banyak media yang menduga bahwa kapasitas baterai dari mobil ini akan berada di antara 110 hingga 150 kWh. Yang membuat mobil ini mampu menempuh jarak hingga 370 km untuk versi standar, dan 482 km untuk versi extended range.

F-150 Lightning sendiri sudah mendukung sistem pengisian daya fast charging 150 kW. Yang mampu mengisi baterainya dari 15% ke 80% hanya dalam waktu 40 menitan saja. Sedangkan bila menggunakan chager biasa maka mobil ini masih membutuhkan waktu sekitar 10-19 jam untuk mengisi penuh.

Masalah harga, Ford membanderol F-150 Lightning ini mulai dari harga $39,974 atau sekitar Rp573 juta-an untuk versi paling standar. Dan versi termahalnya akan dibanderol hingga $90,000 atau sekitar Rp1,3 miliar. Mobil ini sendiri akan mulai bisa dibeli pada musim semi tahun 2022 mendatang. Mobil ini akan tersedia dalam 4 level trim, 2 opsi baterai, dan berbagai macam pilihan fitur dan layanan dari Ford yang bisa dipilih calon pembelinya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!