Energica Perkenalkan Motor Touring Listrik Pertamanya, Experia Green Tourer

Article Header Image

Energica Perkenalkan Motor Touring Listrik Pertamanya, Experia Green Tourer

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Mayoritas motor listrik yang ada saat ini selalu difokuskan sebagai transportasi dalam kota, dengan pengecualian beberapa model yang berfokus pada performa tinggi. Namun motor listrik yang dapat digunakan untuk touring jarak jauh sepertinya merupakan spesies yang langka.

Hal itulah yang kelihatannya ingin ditembus oleh pabrikan motor listrik asal Italia, Energica. Mantan pemasok motor untuk MotoE ini memang terkenal dengan motor lisitrik berperforma tinggi, tapi mereka kini juga memperkenalkan produk elektrik untuk touring.

Diberi nama Energica Experia, motor ini menjadi model pertama untuk line up yang akan disebut sebagai Green Tourer. Seperti namanya, Motor yang menggunakan platform baru ini ditujukan agar pengendaranya dapat berkendara jarak jauh tanpa sering mengisi daya.

Untuk mengabulkan ambisi tersebut, Energica membangun ulang motor elektrik mereka, campuran kimia baru untuk baterainya, dan juga membuat frame dan sasis baru. Targetnya adalah untuk mengurangi beban dari motornya sekaligus mengimprovisasi keseimbangan dan juga kemudahan pengendaraannya.

Hasilnya, Experia menjadi motor yang memiliki titik pusat gravitasi rendah. Membuatnya akan lebih stabil dan nyaman saat dikendarai untuk jarak jauh ataupun kecepatan lambat. Posisi pengendara juga dibuat lebih tegak layaknya motor-motor tourer pada umumnya.

Secara tampilan, Energica Experia Green Tourer ini tampak layaknya motor adventure touring pada umumnya.  Dengan bagian depan yang gambot hingga sisi samping. Motor ini juga dilengkapi dengan windshield yang cukup tinggi. Serta di belakang juga sudah tersedia bracket untuk memasang box penyimpanan tambahan.

Nantinya, akan ada edisi khusus yang diberi nama The Launch Edition yang akan memberikan box hardcase sebesar 112 liter, grip tangan berpenghangat, tutup stang khusus, dan juga pelek aluminium dengan aksen merah.

Untuk penggeraknya, Energica Experia Green Tourer akan menggunakan motor listrik Permanent Magnet Assisted Synchronous Reluctance Motor (PMASynRM). Motornya punya tenaga 75 kW atau 102 daya kuda dengan torsi sebesar 115 Nm. Motornya sendiri dapat melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik saja. Untuk top speed-nya motor ini dibatasi pada 180 km/jam.

Baterai yang dipasang pada Experia ini memiliki kapasitas 22,5 kWh dan mampu digunakan untuk melaju sejauh 220 km dan bahkan bisa mencapai 420 km tergantung dari penggunannya. Namun kehabisan daya bukan masalah karena motor ini sudah mendukung DC fast charging. Memungkinkan motornya diisi dari nol ke 80% hanya dalam 40 menit.

Sayangnya, Energica masih belum mengumumkan harga dari motor listrik ini serta kapan motor ini akan diluncurkan secara resmi. Mengingat Energica sendiri juga sudah mulai masuk ke Indonesia.