Elon Musk Sebut Tesla dan The Boring Company akan Bangun Robotaxi

Article Header Image

Elon Musk Sebut Tesla dan The Boring Company akan Bangun Robotaxi

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Sebagai salah satu brand yang mendominasi pasar kendaraan listrik saat ini, Tesla memang terus memberikan beragam inovasi produknya. Yang terbaru, perusahaan milik Elon Musk ini secara resmi mengumumkan akan membangun robotaxi mereka sendiri.

Pernyataan tersebut diucapkan sendiri oleh Elon Musk saat meresmikan pabrik baru mereka, Giga Texas beberapa hari yang lalu. Dalam acara yang diberi judul “Tesla’s Cyber Rodeo” tersebut Musk menjelaskan bahwa nantinya akan ada robotaxi khusus dengan tampilan yang cukup futuristis.

Robotaxi sendiri merupakan istilah yang merujuk pada kendaraan umum seperti taksi yang digerakkan secara otonomus atau tanpa sopir. Sehingga secara konsep taksi tersebut digerakkan oleh robot yang ada di dalam mobilnya.

Sayangnya, Musk tidak membagikan lebih banyak detail mengenai robotaxi Tesla tersebut. Namun dirinya mengatakan bahwa hal tersebut akan direalisasikan dengan bantuan terowongan-terowongan yang telah dibangun oleh perusahannya yang lain, The Boring Company.

Sebelumnya, CEO dari SpaceX tersebut juga sempat mengatakan kemungkinan bagi Tesla untuk mengembangkan van, namun Musk mengatakan hal tersebut menjadi masalah karena adanya kendala pasokan baterai yang terus terjadi.

Dan sebelumnya, The Boring Company juga sempat memperlihatkan desain awal dari apa yang seharusnya menjadi Robotaxi Tesla tersebut. Pada saat presentasi awalnya dulu mereka sempat menunjukkan animasi penggunaan terowongan milik mereka sekaligus sebuah kendaraan seperti minibus.

Minibus tersebut memang tampak futuristis dengan bodi bagian atas yang seluruhnya terbuat dari kaca. Kendaraannya memiliki banyak kursi di dalamnya dan tidak memiliki pengemudi di bagian depannya.

Keputusan ini sendiri berubah kembali dari ide sebelumnya yang mengatakan bahwa Tesla akan membuat mobil dengan fitur autopilotnya tersebut dapat diaplikasikan pada mobil-mobil mereka yang telah berada di jalanan. Mobil-mobil tersebut nantinya akan dialihfungsikan sebagai kendaraan berbagi (sharing-vehicles).

Sayangnya Musk tidak menjelaskan lebih detail terutama mengenai timeline perencanaan terhadap robotaxi Tesla, namun sepertinya proyek ini masih belum menjadi prioritas bagi Tesla mengingat mereka masih memiliki banyak daftar tunggu untuk mobil-mobil mereka, terutama untuk Tesla Cybertruck.