Drag Race Mobil Listrik BMW, Audi, Tesla, Kia. Siapa yang Menang?

Article Header Image

Drag Race Mobil Listrik BMW, Audi, Tesla, Kia. Siapa yang Menang?

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Disamping membuat mobil listrik yang berfokus pada mobilitas, para pabrikan otomotif juga berlomba membuat mobil listrik yang menyenangkan untuk dikendarai. Lalu apa jadinya bila diadakan drag race mobil listrik dari berbagai brand?

Itulah yang dilakukan oleh channel YouTube CarWow dalam video drag race terbarunya. Mereka mengumpulkan 5 mobil listrik kencang dari berbagai brand mulai dari Kia hingga Tesla. Dan hasilnya pun cukup mengejutkan.

Kelima mobil listrik yang diperlombakan antara lain adalah Kia EV6 GT, BMW iX M60, Audi RS e-tron, Tesla Model X Performance, dan Tesla Model 3 Performance. Kelima mobil listrik ini memang tidak berada di kelas yang sama, namun kelimanya punya performa yang mampu menyaingi mobil sport.

Image Credit: CarWow

Sedikit membicarakan spesifikasinya, mobil dengan tenaga paling kecil dalam balapan ini secara mengejutkan adalah Tesla Model 3 Performance dengan tenaga 460 daya kuda. Diikuti selanjutnya oleh Kia EV6 GT yang memiliki tenaga 585 daya kuda.

Di atasnya, ternyata dihuni oleh SUV gambot BMW iX M60 yang memiliki 619 daya kuda. Mobil listrik BMW ini menjadi yang paling berat dengan 2,5 ton dan juga yang paling mahal dengan harga £117,000 atau sekitar Rp2,1 miliar.

Penantang lainnya adalah Audi RS e-tron GT yang tentunya memiliki desain paling ‘good looking’ ketimbang para pesaingnya. Sedan elektrik ini memiliki tenaga 646 daya kuda. Dan terakhir ada Tesla Model X yang menjadi mobil terbesar sekaligus bertenaga paling besar dengan 778 daya kuda.

Meskipun dengan beragam model, tenaga yang berbeda-beda, dan juga tentunya harga yang berbeda, namun ternyata drag race mobil listrik ini berjalan sangat menarik. Kia EV6 GT bisa dibilang menjadi kejutan dengan mampu bersaing di posisi atas.

Tapi pada akhirnya, aerodinamika terbaik dan tenaga besar yang dimiliki Audi RS e-tron GT berhasil mengantarkan mobil tersebut menjadi pemenang. Diikuti dengan Tesla Model 3 dan selanjutnya adalah Kia EV6 GT di posisi ketiga.

Bodi besar dan bobot berat ternyata benar-benar mempengaruhi performa BMW iX yang harus puas di posisi keempat. Dan yang tidak kalah mengejutkan Tesla Model X yang memiliki tenaga paling besar malah harus berada di peringkat paling belakang.

Drag race mobil listrik ini tentu memperlihatkan bahwa tenaga bukanlah segalanya. Meskipun mobil listrik memiliki torsi instan, namun bobot serta aerodinamika juga menjadi penentu performa lapangan dari mobil listrik tersebut.