Corvette akan Jadi Brand Mobil Listrik Terpisah dari Chevrolet

Article Header Image

Corvette akan Jadi Brand Mobil Listrik Terpisah dari Chevrolet

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Sejak hadir di tahun 50-an, Corvette selalu menjadi model sport tertinggi yang dimiliki oleh Chevrolet. Namun di masa depan, kelihatannya Chevrolet memiliki rencana lebih besar yaitu ingin mengubah Corvette menjadi brand mobil listrik sendiri.

Mengubah Corvette menjadi mobil sport mungkin sudah menjadi konsep yang radikal bagi para fans mobilnya. Namun Chevrolet bahkan akan membawa hal tersebut lebih jauh dari yang dibayangkan. Karena menurut laporan terbaru Car and Driver, Chevrolet akan membuat banyak model untuk Corvette.

Induk Chevrolet, GM sebelumnya telah mengumumkan bahwa di masa depan mereka akan merilis Corvette dengan menggunakan arsitektur platform Ultium. Platform tersebut memang didesain dapat menggunakan berbagai bentuk dan desain dari mobil listriknya.

Untuk awal debutnya yang disebut akan terjadi pada 2025 mendatang, Corvette akan menawarkan dua model elektrik. Yang pertama adalah sebuah coupe empat pintu dan juga sebuah crossover. Membuat Corvette mendapat treatment yang mirip dengan Mustang Mach-E di Ford.

Corvette mobil listrik
Chevrolet Silverado EV

Sumber yang disebut sebagai GM Tech Center tersebut menjelaskan lebih lanjut bahwa tujuan utama bertransformasinya Corvette ini bukan hanya untuk mengalahkan brand lain semisal Porsche dengan Taycan dan Cayenne. Namun lebih berfokus pada kelangsungan nama Corvette itu sendiri.

Chevrolet sendiri menginginkan nama legendaris Corvette bersama dengan model legendaris lainnya seperti Camaro dan Silverado dapat terus eksis di masa depan. Maka dari itu mereka harus melakukan perubahan progresif untuk menjaga esensi namanya.

Sebelumnya, Corvette juga telah berhasil melakukan transisi menjadi sebuah mobil mid-engine setelah sebelumnya selama 7 generasi menjadi mobil bermesin depan. Dan brand ini dianggap siap untuk melakukan transisi yang lebih besar di masa depan.

Corvette mobil listrik
Chevrolet Corvette C8

Kehadiran dua model baru untuk Corvette sebagai mobil listrik ini diharapkan akan menambah dua nilai baru untuk brand-nya. Yaitu eksklusifitas mainstream dan juga kemewahan yang lebih terbuka, seperti yang berhasil diraih oleh banyak brand mobil mewah.

Untuk meraih hal tersebut brand Corvette nantinya akan memiliki tiga pilar utama. Yang pertama adalah keseimbangan antara fungsionalitas dan desain, statistik dan gaya, serta ketersiadaan yang terbatas. Dengan harapan dapat memicu minat konsumen yang lebih tinggi.

Chevrolet masih memiliki setidaknya 3 tahun lagi hingga mereka akan memperkenalkan brand Corvette ini ke publik. Dan Chevrolet tentunya harus mempersiapkan transisi yang harus mampu meredam para fans garis keras Corvette yang mungkin tidak puas dengan keputusan tersebut.