Chevrolet Umumkan Truk Pikap Elektriknya, Silverado EV

Article Header Image

Chevrolet Umumkan Truk Pikap Elektriknya, Silverado EV

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Pasar truk pikap memang menjadi salah satu pasar yang paling diminati di Amerika Serikat. Maka tidak mengejutkan ketika pasar ini mulai mencoba beralih ke elektrik, banyak perusahaan otomotif yang mengikuti transisi tersebut.

Bila sebelumnya publik telah dikejutkan oleh kehadiran Ford F-150 Lighting, kini Chevrolet ikut menyerang dengan membawa nama besar truk pikapnya, Silverado.

Mobil yang bernama lengkap Chevrolet Silverado EV 2024 ini dibangun dari nol oleh Chevrolet untuk menjadi truk pikap elektrik yang menembus batas kombinasi antara kapabilitas, performa, dan serbaguna.

Untuk desainnya, berbeda dengan Ford yang masih membawa desain dari F-150 nya. Chevrolet memilih untuk memberikan desain yang benar-benar baru untuk Silverado EV-nya.

Bagian depannya kini dibuat lebih halus tentunya untuk memaksimalkan aerodinamika. Lampunya menggunakan model DRL light bar di bagian atas yang menyambung dari kiri ke kanan. Sedangkan lampu utamanya berada di bagian bawah.

Silverado EV terlihat seperti masih memiliki grille yang ditutupi dengan plat sewarna bodi. Sedangkan di bagian bumper depannya, mobil ini masih memiliki air-intake (atau setidaknya terlihat seperti itu).

Bagian sampingnya terlihat minimalis namun tetap tegas dengan beberapa pahatan garis horizontal. Bagian atap dan juga bumper bawah dari mobil ini dicat warna hitam untuk menambah kesan gagah.

Pada bagian belakang, Chevrolet menyediakan bak besar sepanjang 1,8 meter dengan beragam fungsi. Bahkan mobil ini telah mendukung Multi-Flex Midgate yang disebut dapat mengubah bak di belakang menjadi kabin.

Pada bagian dalamnya, Chevrolet memberikan interior mewah dengan nuansa futuristis ala Bolt EV. Kluster instrumen pengemudinya menggunakan layar 11 inci, sedangkan sistem infotainmentnya menggunakan layar 17 inci.

Mobil ini juga dilengkapi dengan head up display dan juga konsol tengah berukuran jumbo yang diklaim Chevrolet cukup besar untuk dapat menampung sebuah cooler box.

Akan ada dua trim dari Silverado EV ini, yaitu WT yang digunakan sebagai kendaraan niaga dengan pelek kaleng, bumper plastik hitam, dan absennya beragam fitur.

WT akan diperkuat oleh motor 375 kW yang menghasilkan tenaga 510 daya kuda dan 834 Nm torsi. Mobil ini diklaim dapat melaju sejauh 644 km meskipun Chevrolet tidak membeberkan besaran baterainya.

Sedangkan versi kedua adalah RST First Edition yang akan dilengkapi oleh dua motor yang menghasilkan 495 kW dengan tenaga total 664 daya kuda dan juga torsi lebih dari 1.000 Nm.

Versi RST juga dapat menempuh 644 km, namun versi ini memiliki mode Wide Open Watts yang memungkinkan truknya melesat dari 0 ke 100 km/jam kurang dari 4,5 detik.

Chevrolet akan mulai menjual Silverado EV ini beberapa tahun lagi dengan harga paling rendah untuk trim WT $39.900 atau sekitar Rp 574 juta. Sedangkan versi RST tertinggi nanti akan menembus harga $105.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar.