BMW Umumkan Sedan Flaghsip Seri-7 Elektrik Pertama Mereka

Article Header Image

BMW Umumkan Sedan Flaghsip Seri-7 Elektrik Pertama Mereka

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Dengan langkah yang semakin yakin untuk masuk ke dunia mobil listrik, kini BMW membawa lebih banyak line up mereka menuju elektrifikasi. Yang terbaru, mereka akhirnya membawa seri mobil tertinggi mereka yaitu Seri-7 menjadi elektrik.

Mobil listrik mewah terbaru BMW tersebut memiliki nama BMW i7 xDrive60. Perkenalan versi elektrik perdana ini juga bersamaan dengan perkenalan model baru untuk seri 7 yang kini punya desain yang lebih dekat ke seri baru BMW lainnya.

Untuk desainnya, BMW mempertahankan kidney grilles besar mereka yang kini desainnya lebih mengikuti apa yang ada pada BMW i4 dan X7. Kemiripan seri 7 dengan SUV X7 ini juga terlihat pada lampu depan terpisah yang membuat tampilannya.. cukup unik..

Meskipun memiliki desain wajah yang cukup kontroversial, namun bagian samping dan belakang seri 7 baru ini cenderung tampil konvensional dan bahkan cenderung lebih mewah dan minimalis.

Perubahan besar lainnya ada pada sektor kabin yang kini tampil lebih mewah dan futuristis. BMW memainkan banyak kombinasi material untuk membuat panel-panel dalam mobilnya tampak mewah. Mulai dari kulit, kain, kayu, hingga permukaan semacam kristal, mobil ini memberikan aura baru untuk Seri-7.

Kokpit pengemudi juga mendapatan perombakan total oleh BMW, yang kini akhirnya mengikuti style desain terbarunya. Instrumen digital pengemudi dan layar infotainment kini menjadi satu . Layar ini memiliki desain floating dan melengkung di atas dashboard.

Lingkar kemudi dan juga tombol-tombol pengontrol baik di bawah layar infotainment dan konsol tengah juga tampil lebih modern. Beragam utilitas dan fungsi tetap dapat dioperasikan dengan mudah oleh pengemudi.

Berbeda dengan Mercedes-Benz yang membedakan seri mobil listrik mereka, BMW memasukkan versi listrik seri-7 ini ke dalam line-up penuh dari mobilnya. Seri-7 ini memang nantinya akan memiliki pilihan mesin bensin konvensional, plug-in hybrid, dan juga tentunya listrik penuh.

Semua pilihan tersebut akan memiliki bodi, dimensi, dan bahkan desain kabin yang sama. Perbedaan signifikan antara ketiga versi tersebut hanya pada mesin dan juga penamaannya.

Untuk versi elektriknya, yaitu i7 xDrive60 menggunakan penggerak dua motor listrik dengan konfigurasi all-wheel drive. Motor listrik di depan memberi tenaga 193 kW atau 255 daya kuda, sedangkan di belakang memiliki tenaga 233 kW atau 308 daya kuda.

Dengan total 536 daya kuda, mobil ini akan memiliki torsi sebesar 744 Nm. Membuat mobil listrik mewah ini dapat melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik dengan kecepatan maksimal 240 km/jam.

Mobil ini juga dilengkapi dengan baterai masif 101,7 kWh yang sayangnya hanya dapat mengantarkan mobilnya sejauh 483 km. Sedikit tertinggal dari rival-rivalnya yang mampu mencapai lebih dari 500 km. Untungnya BMW sudah melengkapi mobil ini dengan fast charging hingga daya 195 kW.

BMW sendiri tidak menunggu lama untuk membawa mobil listrik ini ke jalan karena sesi pre-order-nya kini telah dibuka. i7 xDrive 60 ini ditawarkan dengan harga mulai dari $120.295 atau sekitar Rp1,72 miliar yang membuat mobil ini menjadi yang termahal dari serinya.