BMW dan Ford Uji akan Coba Baterai Solid State-nya Akhir Tahun

Article Header Image

BMW dan Ford Uji akan Coba Baterai Solid State-nya Akhir Tahun

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Baterai solid-state memang digadang-gadang akan menjadi revolusi dalam industri mobil listrik. Hal tersebut dikarenakan baterai solid-state diklaim dapat menyimpan lebih banyak daya dalam wadah yang lebih kompak dan ringan.

Maka tidak heran bila banyak pabrikan otomotif kini berlomba-lomba untuk dapat segera mengadaptasi teknologi tersebut. Salah satunya adalah BMW yang bekerja sama dengan Ford dalam pengembangan baterai solid-state tersebut.

Kedua raksasa otomotif ini kemudian menggandeng perusahaan Solid Power dalam joint-venture pengembangan baterai solid-state tersebut. Setelah satu tahun pengembangan, ternyata Solid Power (SP) kini mengumumkan bahwa baterai yang dikembangkan tersebut akan mulai dikirim ke BMW dan Ford pada akhir tahun ini.

Image Credit: Solid Power

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh CEO dari Solid Power, Doug Campbell yang kini sangat percaya diri terhadap progres pengembangan baterai solid-state yang telah perusahaannya capai.

“Pemasangan jalur percontohan sel mobil listrik ini akan memungkinkan kami untuk memproduksinya sel baterai berskala mobil listrik untuk memulai proses kualifikasi otomotif yang resmi,” ujar Doug Campbell.

Lebih lanjut, dalam bebeberapa bulan ke depan Solid Power akan mulai menguji coba sel EV mereka hingga ke kemampuan maksimalnya. Dengan harapan untuk dapat segera memberikan sel-sel solid-state yang telah mereka kembangkan ke para mitranya pada akhir tahun.

Di masa depan, Solid Power menargetkan produksi hingga 15.000 sel solid-state berbasis sulfide ketika jalur produksi perdananya sudah mulai berjalan ke kepasaitas penuhnya. Meskipun begitu SP mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana jangka panjang untuk menjadi produsen sel solid-state.

SP nantinya malah akan membuat uji coba produksinya tersebut untuk membuktikan bawa produksi sel solid state ini dapat dilakukan di lini produksi sel lithium-ion yang telah ada. SP sendiri akan menggandeng produksi sel baterai seperti SK Innovation untuk produksi  ke depannya.

Sel solid-state untuk mobil listrik memang diyakini dapat memberikan jarak tempuh yang lebih jauh bagi mobil listrik dengan biaya yang lebih rendah. Selain itu, baterai solid-state juga dapat meminimalisir resiko terbakar pada baterai lithium-ion.

BMW merupakan salah satu produsen yang paling optimis terhadap implementasi teknologi baterai solid-state ini. Bahkan mereka yakin bahwa mereka akan dapat segera mendemonstrasikan mobil dengan baterai solid-state sebelum tahun 2025.