Bajaj akan Mulai Produksi Motor Listriknya Mulai Pertengahan Tahun Ini

Article Header Image

Bajaj akan Mulai Produksi Motor Listriknya Mulai Pertengahan Tahun Ini

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

India kini secara tidak langsung telah menjadi salah satu pemain utama dalam industri motor listrik dunia. India menemani China sebagai salah satu pusat industri motor listrik yang telah menjadi partner bagi banyak pabrikan motor listrik dari negara lain.

Bajaj  yang merupakan salah satu pabrikan roda dua terbesar di India juga kini tengah disibukkan dengan produksi masal skuter listrik ringan terjangkau yang memang banyak diminati di sana.

Selain memasok skuter listrik untuk pasar dalam negeri, Bajaj juga mempersiapkan skuter listriknya untuk dieksport ke berbagai negara lain di Asia dan bahkan di Eropa.

Di samping itu, Bajaj juga tengah berkolaborasi dengan brand motor listrik asal Swedia, Husqvarna untuk memproduksi motor listriknya. Ada beberapa model yang akan diproduksi oleh Bajaj nantinya seperti skuter elektrik yang bernama Vektorr, dan juga motor sport elektrik mereka E-Pilen.

Untuk mendukung penambahan produksi motor listriknya, Bajaj juga telah menginvestasikan $40 juta atau sekitar Rp574 miliar untuk membangun pabrik fasilitas produksi baru yang didedikasikan untuk memproduksi motor listrik.

Pabrik baru ini nantinya akan menduduki area sebesar 46 ribu meter persegi. Saat nantinya beroperasi pabrik baru tersebut akan memiliki kapasitas produksi sebanyak 500.000 motor listrik setiap tahunnya.

Pembukaan pabrik baru Bajaj ini juga memberikan lapangan kerja bagi masyarakat India yang memang dalam dua tahun ini dihantam oleh pandemi Covid-19 dan tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan.

Bajaj menargetkan pabrik barunya ini untuk mulai beroperasi pada pertengahan tahun ini atau tepatnya pada Juni 2022 mendatang. Pada awalnya, pabrik ini akan langsung memproduksi kendaan listrik ringan dan terjangkau yang akan dijual untuk pasar domestik.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan masih belum diketaui model apakah yang nantinya akan diproduksi. Namun dipercaya bahwa motor listrik tersebut adalah Bajaj Chetak ataupun motor baru dengan basis dari Chetak.