Audi Perkenalkan Konsep MPV Futuristis-nya, Urbansphere Concept

Article Header Image

Audi Perkenalkan Konsep MPV Futuristis-nya, Urbansphere Concept

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Audi akhirnya memperkenalkan mobil terakhir dari seri konsep “sphere” mereka yang ternyata adalah sebuah MPV. Sebelumnya, Audi telah memperkenalkan Skysphere (roadster) dan Grandsphere (sedan besar). Dan sekarang mereka memperkenalkan Urbansphere.

Bila desain mobilnya sangat tidak umum dengan konsep Audi lainnya, hal itu mungkin disebabkan karena mobil ini dikembangkan secara kolaborasi dengan Studio Desain Audi di Beijing, China. Tujuan desain dari mobil ini sendiri adalah menyediakan kendaraan untuk kota-kota megapolitan di China.

Dengan menjadikan masyarakat China sebagai target konsumen utamanya, maka tidak mengejutkan bila pendekatan desainnya lebih mengarah ke style Asia ketimbang style Eropa yang biasanya digunakan Audi.

Proporsi dari Urbansphere sendiri sangat mirip dengan proporsi desain mobil-mobil MPV Asia yang cenderung tinggi dan sedikit mengotak. Membuat tampilan dari konsep ini menjadi semacam minivan dengan bagian depan pendek dan kaca tinggi yang memanjang ke belakang membuat mobil ini tampak cukup ringkas.

Padahal mobil ini memiliki panjang 5,5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,78 meter. Yang berarti mobil ini lebih panjang dan lebar dari MPV besar mewah seperti Toyota Alphard (4,9m x 1,85m) dan bahkan Toyota HiAce (5,3m x 1,97m).

Untuk desainnya, Urbansphere memiliki bahasa desain yang serupa dengan saudara-saudaranya dengan grille super besar di depan. Keseluruhan bodinya juga dibuat halus dan minim lekukan tegas untuk membuat mobilnya tampil mewah.

Selain grille, fokus utama dari mobil ini berada pada interiornya. Sama seperti Audi ‘sphere’ lainnya, Urbansphere juga mendapat desain kabin dengan konsep “lounge di atas roda dan kantor bergerak, yang berfungsi sebagai ruang tinggal ketiga selama berada di jalan”.

Hal tersebut jelas terlihat sejak masuk karena mobil ini menggunakan pintu model suicide yang membuatnya mudah untuk akses keluar masuk. Aura mewah tersebut diperkuat dengan fakta bahwa minivan sebesar Urbansphere ini hanya dapat diisi empat penumpang saja.

Namun dengan jumlah yang semakin sedikit, akomodasi dan fasilitas yang didapatkan oleh empat orang penumpang ini menjadi maksimal. Setiap penumpang akan mendapat tempat duduk independen dan memiliki berbagai fitur seperti pengaturan posisi, sandaran kaki, dan juga speaker pada sandaran kepala.

Sama seperti mobil Audi lainnya, kemudi, kluster instrumen digital, dan pedal akan tersembunyi karena mobil ini akan mendukung mode otonomus.

Untuk penggeraknya, mobil ini akan dilengkapi dengan dual motor elektrik yang menghasilkan tenaga 295 kW atau 386 daya kuda dengan torsi 690 Nm. Di lantai mobilnya terdapat baterai sebesar 120 kWh yang dapat membuat mobilnya melaju hingga 750 km.

Bila minat terhadap mobil konsep ini tinggi, ada kemungkinan Audi akan merealisasikan mobil ini pada sekitaran tahun 2025-2030 mendatang.