Bosan dengan Mobil Listrik, Audi Kini Ikut Kembangkan Bajaj Listrik

Article Header Image

Bosan dengan Mobil Listrik, Audi Kini Ikut Kembangkan Bajaj Listrik

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

MOMOTRIK – Audi tentunya menjadi salah satu pemain utama dalam transformasi mobil listrik saat ini. Untuk melengkapi line-up elektriknya, Audi juga terus menunjukkan konsep-konsep baru milik mereka.

Tapi konsep yang satu ini mungkin berbeda dari apa yang dibayangkan banyak orang. Karena Audi memamerkan sebuah konsep bajaj roda tiga elektrik.

Namun proyek ini bukanlah sebuah candaan, karena Audi memang bekerja sama dengan startup Jerman-India bernama Nunam. Keduanya membuat proyek ini untuk membuat kendaraan elektrik di India yang menggunakan baterai bekas kendaraan listrik.

“Baterai mobil dirancang untuk bertahan selama masa pakai mobil. Tetapi bahkan setelah masa penggunaannya selesai, mereka sebenarnya masih memiliki banyak tenaga.” ujar Prodip Chatterjee, co-founder dari Nunam.

Prodip juga menjelaskan bahwa untuk kendaraan dengan tenaga dan jarak tempuh yang lebih rendah, sekaligus kendaraan dengan bobot ringan baterai bekas tersebut sangat menjanjikan. Dalam apa yang mereka sebut ‘second-life project’, mereka ingin menggunakan kembali baterai bekas EV tersebut sebagai “electric mobility lite“.

Nantinya, Audi akan membantu dalam proyek ini dengan memasok baterai-baterai dari kendaraan listrik bekas mereka. Yang nantinya akan digunakan oleh Nunam ke dalam e-rickshaw atau yang dikenal di Indonesia sebagai bajaj roda tiga tersebut.

Secara desain sendiri, bajaj milik Nunam tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah ada di India. Selain tentunya dengan modernisasi panel-panel bodinya, serta penggunaan lampu LED di depan dan belakang.

Beberapa elemen desain ala Audi yang disematkan pada e-rickshaw ini seperti kombinasi abu-putih-merah khas Audi, serta logo besar Audi di depan dan belakang.

Untuk interiornya, Nunam menggabungkan desain klasik ala bajaj roda tiga konvensional lewat panel-panel di interiornya. Mereka bahkan tetap mempertahankan kemudi model stang layaknya motor pada e-rickshaw mereka tersebut.

Namun tentunya mereka juga memberikan sentuhan modern melalui penggunaan layar untuk memberikan berbagai informasi dari kendaraannya. Dan dari gambar yang diunggah terlihat bahwa kendaraan ini memiliki tablet yang terpasang di sisi lainnya untuk mendukung sisi hiburan dan mungkin juga navigasi.

Nunam sendiri merupakan startup non-profit yang memang bertujuan untuk membuat e-rickshaw ini nantinya tersedia untuk semua orang termasuk para wanita yang ada di India. Sehingga mereka juga bisa berpergian jarak dekat dengan mudah.