AHM Bantah Honda U-Go Dikabarkan Masuk Indonesia

Article Header Image

AHM Bantah Honda U-Go Dikabarkan Masuk Indonesia

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Motor Honda di Indonesia memang berada di posisi yang sangat-sangat aman dengan dominasinya. Maka cukup mengejutkan ketika pabrikan asal Jepang ini dikabarkan memasukkan skuter listrik yaitu Honda U-GO ke Indonesia.

Honda U-GO sendiri merupakan skuter listrik murah yang dikembangkan anak perusahaannya, Wuyang-Honda. Motor listrik ini awalnya dikabarkan akan diluncurkan untuk pasar China saja.

Namun, beberapa waktu lalu, banyak sorotan tertuju pada PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia dikarenakan skuter listrik ini terdaftar di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham Indonesia.

Pasalnya, motor ini sudah didaftarkan patennya sejak 19 Agustus 2021. Yang berharti hanya beberapa saat setelah motornya dirilis di Jepang dan China. Dan PT AHM tidak memberikan kabar apapun bila mereka akan memasukkan skuter listrik ini, mengingat PCX elektrik saja masih belum dijual di sini.

Mengenai hal tersebut, PT AHM segera memberikan konfirmasi bantahan terhadap rumor yang beredar. Dilansir dari Bisnis.com, General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya belum ada rencana untuk memasarkan U-GO di Indonesia.

“Kami belum punya rencana memasarkan U-GO. So far, produk elektrik kami masih PCX Elektrik,” ujar Muhid.

PCX Elektrik sendiri sudah ditampilkan oleh Honda berkali-kali dalam berbagai pameran, namun sayangnya harga yang terlampau tinggi sudah dipastikan akan sulit dijangkau oleh pasar Indoensia.

Karena untuk versi hybrid (PCX E:HEV) harganya telah mendekati Rp50 juta, sedangkan versi PCX Electric meskipun tidak disebutkan angka pastinya namun disebut-sebut sudah mendekati harga Rp100 jutaan.

Namun di Indonesia, PCX Electric telah mengaspal lewat sistem rental pada perusahaan-perusahaan ojek online seperti Gojek dan juga Grab.

Sedangkan U-GO sendiri di China memang dipasarkan sebagai skuter listrik murah dengan harga RMB 7,499 atau sekitar Rp16,7 juta-an. Yang berarti sama dengan skutik termurah mereka, Honda Beat.

Bila di masa depan Honda akhirnya dapat memasukkan U-GO ke Indonesia, sangat besar kemungkinan bahwa motor tersebut akan menjadi favorit baru bagi masyarakat Indonesia yang mau menyeberang ke elektrifikasi tanpa perlu memusingkan harga yang mahal.