Aether Concept, Motor Listrik yang Bisa Wireless Charging dan Bahkan Membersihkan Udara

Article Header Image

Aether Concept, Motor Listrik yang Bisa Wireless Charging dan Bahkan Membersihkan Udara

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Ketergantungan kendaraan bermotor terhadap bahan bakar fosil memang masih belum terhindarkan. Bahkan untuk kendaraan listrik sekalipun, ada kemungkinan besar sumber energi listrik yang mereka gunakan juga berasal dari pembangkit berbahan bakar fosil.

Hal ini tentunya juga masih menjadi perdebatan banyak pihak untuk mencari solusi energi terbarukan yang benar-benar ramah lingkungan. Inilah yang dicoba untuk dijawab oleh desainer asal Taiwan bernama Lin Yu Cheng yang memperkenalkan motor listrik Aether, motor listrik futuristik yang juga berfungsi sebagai air purifier atau pembersih udara.

Konsepnya pun cukup unik, yaitu udara kotor masuk ke dalam dua lubang intake besar di sisi kanan-kiri motor. Udara yang masuk tersebut akan melewati modul filter keramik yang akan menyaring mikropartikel PM 2.5. Mikropartikel berukuran kurang dari 2.5 mikron ini memang berbahaya bagi pernapasan manusia.

Setelah melewati filter tersebut, udara yang tersaring tersebut tidak akan dimasukkan ke dalam ruang mesin namun akan langsung dikeluarkan keluar sehingga secara teori udara yang keluar lewat “insang” samping motor Aether ini lebih bersih daripada sebelumnya.

Ada sedikit perdebatan teknis mengenai filter yang ada di samping motor ini. Panel filter yang sekaligus menjadi panel bodi samping motor ini sangat besar dan dianggap akan mempengaruhi aerodinamika, berat, dan jarak tempuh yang bisa dilakukan.

Selain memiliki fitur pembersih udara, motor konsep ini juga akan digadang sebagai motor listrik dengan wireless charging atau pengisian daya nirkabel pertama. 2 papan wireless charging sendiri dipasang di bawah bodi motor dimana nantinya pengguna hanya cukup memarkirkan motornya di tempat parkir yang memiliki wireless charger dengan cukup 30 menit saja hingga penuh.

Meskipun memiliki desain yang sangat menarik, dengan elemen futuristis yang kental, Aether masih membutuhkan waktu yang sangat panjang mengingat statusnya yang masih konsep. Beberapa fitur teknologi masa depan yang ingin diaplikasikan pun harus diuji coba terlebih dahulu, dan bahkan beberapa belum tersedia untuk sekarang. Namun tentunya akan sangat menarik bila pabrikan motor listrik bisa merealisasikannya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!