6 Mobil Listrik Terbaru yang Tampil di Gelaran IIIMS Hybrid 2021

Article Header Image

6 Mobil Listrik Terbaru yang Tampil di Gelaran IIIMS Hybrid 2021

Author Avatar Image
Galih Kresnawan —

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 memang menjadi pameran otomotif offline pertama setelah tahun kemarin sempat tidak diadakan sama sekali karena adanya gelombang wabah Covid-19. Banyak pabrikan baik roda 4 maupun roda 2 yang langsung menjadikan event ini sebagai momen untuk memperkenalkan produk-produk barunya.

Dan diantara puluhan model mobil yang dipamerkan di IIMS Hybrid 2021 tersebut, ternyata ada beberapa mobil listrik yang juga diperkenalkan dan juga dipamerkan pada event yang berlangsung di Jakarta International Expo tersebut. Beberapa model mobil listrik baru juga diperkenalkan dalam event yang berlangsung mulai 15 – 25 April 2021 tersebut.

Dan disini Momotrik sudah merangkum beberapa mobil listrik terabaru yang dipamerkan di gelaran IIMS Hybrid 2021. Berikut daftarnya:

1. Renault Zoe

Setelah sebelumnya telah memberikan teaser untuk segera memasukkan salah satu mobil listrik paling laris di Eropa ini, Prestige Renault Indonesia (PRI) sebagai pemegang resmi produk Renault di Indonesia akhirnya meluncurkan Renault Zoe kepada publik.

Mobil listrik kompak ini sendiri nantinya akan ditawarkan dalam dua model yaitu R110 dengan tenaga 108 dk serta torsi 225 Nm, serta model R135 dengan tenaga lebih besar yaitu 135 dk dan torsi 245 Nm.

Peluncuran Renault Zoe di IIMS Hybrid 2021 (Dok. Sindonews)

Menggunakan baterai berkapasitas 52 kWh, Zoe mampu menempuh jarak hingga 395 km dalam sekali isi daya. Namun sayangnya, pihak Renault Indonesia belum mengungkap berapa harga untuk Zoe ini di Indonesia.

2. MG ZS EV

Pabrikan Inggris Morris Garage (MG) juga ikut memeriahkan IIMS Hybrid 2021 ini dengan memperkenalkan mobil listrik perdana mereka yaitu MG ZS EV. Sesuai namanya, mobil baru ini merupakan varian elektrik dari SUV kompak mereka MG ZS.

Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia – Arief Syarifudin menyampaikan rasa optimisnya untuk dapat memenuhi ekspektasi dari pecinta otomotif Indonesia. Salah satu hal yang dibanggakan dari ZS EV ini adalah mobil ini berhasil meraih rating bintang 5 dari uji keselamatan ANCAP dan EURO NCAP.

Prosesi peluncuran MG ZS EV di IIMS Hybrid 2021

Mobil ini sendiri memiliki tenaga sebesar 150 dk dan torsi 350 Nm, dan didukung dengan baterai berkapasitas 44,5 kWh yang membuat MG ZS EV ini mampu menempuh jarak sejauh 337 km dalam sekali pengisian. Sayangnya, sama seperti Renault Zoe, harga untuk MG ZS EV ini juga belum diumumkan harganya, namun berdasarkan info yang beredar kemungkinan mobil ini memiliki harga dasar NJKB antara Rp 413 juta hingga 433,6 juta.

3. Fin Komodo Bledhex

Indonesia sendiri punya perwakilan untuk mobil listrik lokal lewat pabrikan Fin Komodo Teknologi yang pada gelaran IIMS Hybrid 2021 ini memperkenalkan mobil mini barunya yang bertenaga listrik. Mobil baru ini sendiri diberi nama Fin Komodo Bledhex.

Bentuknya sendiri memiliki tampilan yang serupa dengan Fin Komodo KD 250 karena memang mobil ini dikembangkan dari basis tersebut Hampir semua part dan sistem dari mobil ini dibuat sendiri oleh Fin Komodo Teknologi kecuali untuk baterainya.

Fin Komodo Bledhex di IIMS Hybrid 2021 (Dok. Fin Komodo)

Mobil bergaya buggy car ini sendiri kini punya tenaga sebesar 26,8 dk dan torsi 70 Nm.Tenaga ini sendiri diklaim lebih besar ketimbang versi mesin konvensional 250 cc-nya. Sayangnya tidak dijelaskan detail berapa kapasitas baterainya, namun dikatakan bahwa mobil ini mampu menempuh jarak 150 km dengan kecepatan maksimal di 40 km/ja saja. Fin Komodo Bledhex ini sendiri sudah bisa dipesan dengan harga mulai dari Rp 300 juta hingga Rp 350 juta.

4. DFSK Gelora E

Bila pabrikan-pabrikan lain memilih untuk memperkenalkan mobil listrik mereka untuk keperluan pribadi, maka DFSK mengambil arah yang berbeda dengan memperkenalkan mobil komersil ringan elektrik pertama di Indonesia yang diberi nama Gelora E.

Mobil minivan ini sendiri merupakan varian elektrik dari DFSK Gelora yang sudah ada sebelumnya. Namun kini mobil van ini memiliki penggerak listrik 100%. Motor listriknya sendiri masih dirahasiakan detailnya bahkan untuk tenaganya. Namun pihak DFSK memberikan info bahwa Gelora E ini memiliki torsi hingga 200 Nm.

Peluncuran DFSK Gelora E saat IIMS Hybrid 2021 (Dok. Cintamobil)

Ada dua versi yang akan ditawarkan untuk Gelora E ini yaitu model blind van dengan harga mulai 480 jutaan Rupiah serta model minibus penumpang yang ditawarkan dengan harga 510 jutaan. Mobil ini sendiri bisa dibeli melalui sistem pre-order.

5. Toyota C+Pod dan Coms

Toyota sendiri kelihatannya masih belum percaya diri untuk menjual microcar elektriknya yaitu Toyota Coms dan Toyota C+Pod. Meski begitu Toyota tetap memboyong dua mobil listrik mungil ini ke gelaran IIMS Hybrid 2021 tersebut.

Dua mobil listrik baru ini sendiri sebenarnya sudah mengaspal di Indonesia lewat proyek ekowisata EV Smart Mobility yang ada di Nusa Dua, Bali. Toyota Coms sendiri punya motor 5 kW atau 6 dk dengan torsi maksimal 40 Nm. Mampu melaju hingga 60 km/jam dengan jarak maksimal 50 km.

Sedangkan C+Pod yang memang lebih baru punya penggerak motor bertenaga 9,2 kw atau 12,3 dk dengan torsi maksimal 56 Nm. Kecepatan maksimalnya masih sama di 60 km/jam namun dapat menempuh jarak hingga 150 km.

Hingga IIMS berlangsung, tidak ada kejelasan apakah Toyota nantinya akan menjual microcar elektriknya ini ke umum mengingat pabrikan lain seperti Renault sudah menjual microcarnya yaitu Tweezy secara umum.

6. Tesla Cybertruck

Salah satu mobil yang paling mencuri perhatian pada gelaran IIMS Hybrid 2021 ini tidak lain adalah kehadiran sosok Tesla Cybertruck di booth milik Prestige Image Motorcars,. Sayangnya meskipun terlihat paling gagah diantara mobil-mobil Tesla lain yang sudah dimasukkan oleh Prestige Motor sebelumnya, Cybertruck yang ada ini hanyalah dummy saja.

Sang CEO – Rudi Salim menjelaskan bahwa mobil yang ada ini masih dummy, karena Cybertruk ini sendiri masih dalam tahap pemesanan. Bagi konsumen yang berminat sendiri bisa memberikan uang muka sebesar Rp 100 juta yang nantinya akan masuk daftar inden. Harganya sendiri diklaim tidak akan sampai Rp 2 miliar.

Tesla Cybertruck “dummy” di IIMS Hybrid 2021 (Dok. limapagi.com)

Ada tiga varian Cybertruck yang bisa dipesan, yaitu Single Motor yang berpenggerak roda belakang, kecepatan maksimal 177 km/jam dan mampu menempuh jarak sekitar 402 km. Kedua adalah Dual Motor yang sudah berpenggerak AWD (semua roda) dengan kecepatan maksimal 195 km dengan jarak tempuh sama dengan versi Single Motor.

Dan untuk versi tertingginya ada varian Tri Motor yang juga sudah menggunakan penggerak AWD, punya kecepatan maksimal 210 km/jam dan mampu menempuh jarak hingga 800 km.


Dan itulah tadi 6 mobil listrik baru yang muncul di gelaran Indonesia International Motor Show Hybrid 2021. Beberapa mobil ini sendiri statusnya masih diperkenalkan dan bahkan belum memiliki harga pasti dan kapan akan mulai dijual di Indonesia. Setidaknya, terlihat dari beberapa APM di Indonesia mulai memberikan perhatian kepada mobil listrik, dan semoga varian dan pilihannya semakin banyak kedepannya.


Jangan lupa follow kita diInstagram@momotrik.iddan juga like Facebook Page kita di@momotrik.iduntuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!